Ngabuburit RDK X: Pemuda Meraih Prestasi Dengan Produktifitas Kebaikan

Ngabuburit RDK X: Pemuda Meraih Prestasi Dengan Produktifitas Kebaikan
Ust, Dr.Ir. Rahmat Fadhil, S.TP,. M.Sc  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, News Analisa – Dalam kesempatan Ngabuburit kemarin (03/04/2024) yang diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana Ramadhan Di Kampus (RDK) ke X Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Jamik Darussalam Universitas Syiah Kuala (USK) berkolaborasi dengan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al Bahri Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) USK, menghadirkan pembicara Direktur Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan USK, Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP., M.Sc. Kamis (04/04/2024)

Bahasan yang diangkat adalah terkait Eksistensi Pemuda sebagai Pejuang Kebaikan, dimana Dr. Rahmat menguraikan bagaimana Allah SWT mengingatkan kita tentang pentingnya menjadi generasi yang senantiasa memproduksi kebaikan di sepanjang hayat yang dianugerahkan kepada kita.

Sebagaimana Firman-Nya “Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebajikan dan berkata.

Baca Juga:  Lansia Diperiksa Khusus sebelum Vaksinasi Covid-19

“Sungguh, aku termasuk orang-orang muslim (yang berserah diri) (QS. Fussilat 33).

“Jadi sebagai generasi muda sudah seharusnyalah kita menjadi orang-orang yang senantiasa mengisi hari-hari dengan kebaikan demi kebaikan, karena bagaimanapun seluruh kebaikan yang kita produksi tentulah akan bermanfaat utk diri kita sendiri, baik di dunia maupun di akhirat kelak,” jelas Rahmat Fadhil dalam bahasannya.

Acara yang berlangsung menjelang berbuka puasa itu diikuti oleh sekitar 200-an peserta mahasiswa dari berbagai fakultas di lingkungan USK yang di moderatori oleh Nabil mahasiswa FKP USK.

Baca Juga:  Mendagri Sebut Dana Otsus Mampu Turunkan Angka Kemiskinan

Pelaksanaan ceramah menjelang berbuka puasa itu mengambil tempat di pelataraan terbuka Masjid Jamik Darusaalam USK dan turut dihadiri oleh peserta Daurah Al Quran yang selama ramadhan bermukim di masjid.

Menurut Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) LDK Mahasiswa Masjid Darussalam (MAJID) USK, Muhammad Iqbal mengatakan bahwa kegiatan Ngabuburit adalah kegiatan dzikir dan ceramah menanti waktu berbuka puasa.

“Kegiatan ini berlangsung setiap hari di mulai pukul 18.00 wib dan berakhir 5 menit sebelum waktu berbuka puasa,” terang Iqbal yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) USK itu.

“Alhamdulillah tahun ini kami mencoba berkolaborasi dengan berbagai lembaga dakwah kampus se USK dan Pengurus BKM Jamik Darussalam USK dalam beberapa kegiatan Ramadhan Di Kampus, seperti Ngabuburit, Nuzulul Quran, Daurah Quran, Buka Puasa Bersama dan Iktikaf 10 hari terakhir Ramadhan” jelas Iqbal panjang lebar.

Baca Juga:  Kadiskominsa Aceh Buka Forum Koordinasi PPID Kabupaten Kota Se-Aceh

Sebagaimana diketahui bahwa Ramadhan Di Kampus setiap tahun dilaksanakan di Masjid Jamik Darussalam USK.

Berbagai lembaga turut mendukung kegiatan yang dilaksanakan sepanjang ramadhan itu. Beberapa lembaga yang terlibat selain BKM Jamik Darussalam USK dan LDK di lingkungan USK, juga di ada UKM Resimen Mahasiswa (MENWA), UKM Rumah Quran USK, Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Aceh, Rumah Amal USK dan tentu saja dibawah koordinasi Rektor USK.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar