Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (LIKMI) II 2023 “Gula Joek Aceh” Raih Juara 3

Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (LIKMI) II 2023 “Gula Joek Aceh” Raih Juara 3
Mahasiswa Universitas Syiah Kuaka (USK) berhasil menjuarai Lomba Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (LIKMI) II 2023. (Foto: Biro Humas USK)  
Penulis
|
Editor

Jawa Tengah, News Analisa – Mahasiswa Universitas Syiah Kuaka (USK) berhasil menjuarai Lomba Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (LIKMI) II 2023 yang di selenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta pada 4-5 Maret 2023.

Kategori juara 3 pada bidang Kuliner Makanan yang berhasil diraih itu adalah kerja keras dari tim utusan USK yaitu Hana Abelia Putri dari program studi Pendidikan Kimia dan Ahmad Hazim Fakhri dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), serta Ari Zonanda dari program studi Sosiologi FISIP.

Keberhasilanmengharumkan nama USK di tingkat nasional itu merupakan sebuah ajang kompetisi yang diikuti oleh sekitar 166 perguruan tinggi, 648 produk usaha, dan lebih dari 2000 peserta.

Baca Juga:  UPTD Dinsos Aceh di Ladong Tampung Rohingya Terdampar

Ketiga mahasiswa USK tersebut menghadirkan inovasi dengan memanfaatkan Ie Joek (air nira aren) sebagai inovasi gula semut aren yang memiliki antioksidan tinggi dan indeks glikemik (IG) rendah. Sehingga produk ini cocok bagi penderita diabetes, kolesterol, hipertensi, jantung, dan penyakit degeneratif lainnya.

Lebih menarik lagi, para mahasiswa yang di bimbing oleh dosen pendamping Dra. Erlidawati, M.Si dari FKIP USK itu juga menghadirkan produk dengan dua varian. Varian rasa original yang merupakan rasa alami dan rasa jahe yang menghangatkan, serta dikemas dengan paper metallic yang dilengkapi zipper, sehingga tampilan lebih menarik dan  berkualitas.

Baca Juga:  Raqan APBA Selesai, Pemerintah Aceh Apresiasi Kerjasama DPRA

Menurut International Diabetes Federation (IDF), pada tahun 2021, diabetes merupakan penyakit dengan angka kematian tertinggi di dunia dan Indonesia menempati posisi ke-6. Dimana jumlah kematian mencapai 236 ribu jiwa, bahkan dapat dipastikan pada tahun 2030 prevalensi diabetes mencapai 643 ribu jiwa. Melihat adanya kekhawatiran sekaligus potensi tersebut.

“kami memanfaatkan air nira aren (ie jôk) yang diberi nama Gula Joek Aceh sebagai pemanis alami yang praktis, menyehatkan, ekonomis dan bahkan Gula Joek Aceh (gula semut aren) ini juga memiliki daya simpan yang lebih lama daripada gula aren biasa,” ujar Hana sebagai ketua tim mahasiswa USK tersebut.

Baca Juga:  Takut Dibantai Taliban, 1.000 Tentara Afghanistan Kabur ke Tajikistan

Sementara itu Direktur Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan USK, Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP, M.Sc, mengucapkan selamat untuk para mahasiswa tersebut dan pendampingnya.

“Alhamdulillah,semoga dengan adanya kegiatan kewirausahaan ini menjadikan mahasiswa lebih termotivasi untuk berwirausaha sehingga setelah lulus, bukan hanya siap mencari kerja, melainkan siap membuka lapangan pekerjaan dan menjadi SDM unggul,” tambah beliau kepada media.***


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar