KIP Langsa Gelar Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024

KIP Langsa Gelar Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024
Ketua KIP Langsa, Ridwan didampingi Bahtiar, M Al Fadhal dan Fauzan Rizal saat membuka rapat Pleno Rekapitulasi hasil Perolehan Suara Pemilu 2024. (Foto:newsanalisa.com/SMT)  
Penulis
|
Editor

Kota Langsa, News Analisa – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kota Langsa Pemilu 2024 di Aula kolam renang Virta Convention Hall Langsa, Minggu (03/03).

Ketua KIP Kota Langsa, Ridwan ST dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak, terutama peserta Pemilu atas partisipasi dan dukungannya dalam mensukseskan Pemilu 2024 di Kota Langsa.

“sebagai penyelenggara, kami telah melakukan tahapan Pemilu yang dimulai dari sosialisasi, kampanye dan pencoblosan. Alhamdulillah semuanya berjalan aman, tertib, lancar dan terkendali”, sebutnya

“walaupun ada dinamika sedikit, itu dapat diatasi dengan bijak karena semuanya bagian dari perjalanan proses politik”, ucap Ketua KIP.

Pj Walikota Langsa, Kapolres Langsa, Dandim 0104/Atim, Ketua DPRK Langsa, Kajari Langsa, Komisioner dan Sekretaris KIP, Komisoner Bawaslu dan Kepala Kesbangpol foto bersama di acara Rapat Pleno Terbuka KIP Kota Langsa

Ridwan melanjutkan, hari ini kita telah masuki proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kota Langsa. Kita mohon dukungan semua pihak yang hadir agar proses ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

Baca Juga:  Pj Gubernur Optimis, Kejuaraan Tinju Amatir Lahirkan Ksatria Ring Tinju Baru

“mari junjung tinggi sportifitas, atas perhatian dan jasa semua pihak, sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan berikan apresiasi setinggi-tingginya”, tegasnya.

“tidak lupa juga ucapan terima kasih dan penghargaan kepada jajaran keamanan, baik TNI maupun Polri yang selalu mendampingi KIP Kota Langsa dalam semua tahapan Pemilu 2024 agar dapat berjalan aman dan terciptanya suasana yang kondusif”, kata Ridwan.

Sementara itu, Pj Walikota Langsa Syaridin SPd MPd juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat, termasuk penyelenggara, pengawas dan peserta Pemilu dalam mensukseskan Pemilu 2024.

“Pemilu di Kota Langsa sudah berjalan aman, tertib dan sangat kondusif. Ini tidak terlepas berkat adanya rasa kebersamaan dan pemahaman semua pihak di Kota Langsa”, ungkap Syaridin.

Baca Juga:  Pakar Transportasi, KMP Aceh Hebat Penyeimbang Konektivitas Antar Daerah

Sebelumnya, sekretaris KIP Kota Langsa, M Dahlan SSos mengatakan, rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu Tahun 2024 ini merupakan tahapan yang sangat penting.

“rapat ini merupakan lanjutan dari
rangkaian tahapan Pemilu yang sudah terlaksana sejak Tanggal 14 Juni 2022 sampai dengan hari pemilihan, Tanggal 14 Februari 2024”, ujarnya

“kita telah melaksanakan pemungutan Suara di 489 TPS yang tersebar di 66 Gampong dan 5 Kecamatan dalam wilayah Kota Langsa”, jelasnya.

Dahlan menambahkan, pada tanggal 18 Februari, seluruh PPK di Lima Kecamatan secara serentak juga melaksanakan proses Tahapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan suara. Alhamdulillah semua tahapan ini telah berjalan, meskipun terdapat riak-riak kecil, ini merupakan bagian dari proses.

Adapun yang dilaksanakan oleh KIP Kota Langsa sebagai penyelenggara Pemilu tentunya berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, PKPU No 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum, PKPU No 5 Tahun 2024 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum, dan keputusan KPU RI No 219 Tahun 2024 tentang Petunjuk Pelaksanaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Dalam Pemilihan Umum.

Baca Juga:  Tembakan Senjata Anti Serangan Udara Lantamal VI Berhasil Jatuhkan Dua Pesawat Tempur Musuh

“terakhir, kami ucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan dari seluruh masyarakat, pemerintah, pihak keamanan, Bawaslu dan pihak lainnya serta seluruh badan adhoc sebagai penyelenggara pemilu yang telah menyukseskan pesta demokrasi, Pemilu di Kota Langsa”, pungkas Dahlan.

Turut hadir, Kapolres Langsa AKBP Andy Rahmansyah, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Tri Purwanto, Ketua DPRK Langsa Maimul Mahdi, Kajari Langsa Efrianto, Ketua Bawaslu Kota Langsa Taufiqurrahman, Waka Polres Kompol Dheny Firmandika, Kabag Ops AKP Dahlan, seluruh anggota KIP dan Bawaslu Kota Langsa, Kepala Kesbangpol dan para Camat, para PPK diwilayah Kota Langsa, pimpinan parpol, insan pers dan tamu undangan lainnya. (Smt)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Live Streming