Ketua Umum BPI KPNPA RI Apresiasi Atas Terpilihnya Komjen L. Sigit, P Sebagai Kapolri

Ketua Umum BPI KPNPA RI Apresiasi Atas Terpilihnya Komjen L. Sigit, P Sebagai Kapolri
  Foto : Istimewa
Penulis
|
Editor

Banda Aceh – Ketua Umum Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara & Pengawas Anggaran RI ( BPI KPNPA RI ) Tubagus Rahmad Sukendar S.Sos.SH memberikan Apresiasi atas terpilihnya Komisari Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Idham Aziz.

Akan ada memiliki banyak Pekerjaan Rumah (PR) berat yang harus di tuntaskan disaat pertama menjabat Kapolri, tugas yang pertama sekali adalah Polri harus mengembalikan Jati dirinya yaitu Polri, melayani, melindungi ,mengayomi dan profesional.

Polri harus benar diterapkan netralitasnya karena sudah ada pesimistis dimata masyarakat bahwa Hukum itu hanya tajam kebawah dan Tumpul keatas.

Keberpihakan kepada Penguasa dan Para Cukong sangat kentara sekali jadi harus merubah paradigma Polri agar mendapat dukungan legitimasi kepercayaan dari masyarakat dapat tumbuh kembali.

Baca Juga:  Pemutihan Kendaraan Bermotor di Aceh Diperpanjang

Kedua Polisi harus bisa menjadi garda terdepan memberi contoh kepada masyarakat dengan tidak menempatkan hukum berlaku hanya bagi masyarakat kecil dan tidak berlaku bagi masyarakat yang kalangan atas, jadi hukum itu tajam kebawah dan tumpul ke atas harus bisa dihilangkan musti dibuktikan bahwa tak ada pandang bulu dalam penegakkan hukum sehingga warga masyarakat pencari keadilan mendapatkan hak yang sama dimata hukum.

Ketiga jangan ada polisi hanya jadi backing cukong dan kaki tangan pengusaha karena masih banyak oknum polisi yang sudah tidak lagi memposisikan sebagai abdi masyarakat namun lebih sebagai herder dari penguasa dan para cukong itu banyak terjadi di daerah-daerah.

Baca Juga:  Kasus Positif Covid-19 Tambah 28 Orang, Rumah Sakit Nyaris Penuh

“Keempat kapolri harus lebih fokus pada bidang keamanan dan ketertiban Masyarkat daripada mengurusi politik, Kinerja terbaik harus ditunjukkan dengan prioritas Korupsi dan Pungli berkurang drastis, narkoba berkurang, kriminalitas berkurang dan yang utama adalah kepastian hukum harus jelas, polri harus lebih humble tetapi tetap.” tegas TB Rahmad Sukendar.

Rahmad Sukendar juga memuji makalah dan presentasi Listyo Sigit Prabowo di saat uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di komisi III DPR RI Beberapa hari lalu telah memberikan jawaban yang memang menjadi harapan dan tumpuan bagi masyarakat kita sangat mengharapkan penegakkan hukum harus jelas dan ditegakkan berbasis rasa keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat dalan konteks penegakkan hukum, itu harus benar benar dirasakan masyarakat dan polri harus bisa mewujudkan sebagai lembaga penegak hukum yang adil dan profesional.

Baca Juga:  Temuan Pansus DPRK di Setdakab Abdya, 53 Sepeda Motor Dinas Hilang Tak Terdata

“Serta terjaga Netralitasnya terutama yang harus menjadi atensi dan perhatian Kapolri adalah dibidang Reserse, Lalu Lintas, SDM dan Logistik karena disanalah banyak terjadi Korupsi berjamaah oknum semoga saja dengan hadirnya Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri akan membawa perubahan di tubuh Polri.”pungkasnya.(Red)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar