Fakultas Ekonomi UNMUHA Mou dengan Fisip UTU

Fakultas Ekonomi UNMUHA Mou dengan Fisip UTU
Dekan Fakltas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh (FE Unmuha) Banda Aceh, Tarmizi Gadeng Sag, SE, MSi., melaksanakan pendatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar (FISIP UTU), Jumat 24/11/2022.  
Penulis
|
Editor

Aceh Barat, News Analisa – Dekan Fakltas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh (FE Unmuha) Banda Aceh, Tarmizi Gadeng Sag, SE, MSi., melaksanakan pendatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar (FISIP UTU), Meulaboh, Basri SH, MH.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 24 Nopember 2022, di Meulaboh, Aceh Barat. Dimana pendatangan dilaksanakan secara khidmat pada ruang kerja Dekan FISIP UTU di Gedung Baru Rektorat Universitas Teuku Umar (UTU), juga dekan FE Unmuha Tarmizi Gadeng, SAg, SE, MSi didampingi oleh Zulkifli Umar, SE, MSi dan Rusnaidi, SE, MSi.

Dalam hal ini disampaikan oleh Tarmizi Gadeng, Sag, SE, MSi bahwa, penandatangan MoU yang dilaksankan ini dinilai penting sebagai salah satu variabel yang akan mendukung adanya peningkatan kualitas serta kapasitas kedua belah pihak terhadap proses pebelajaran, belajar mengajar, para dosen dan mahasiswa, penelitian, pengabdian pada masyarakat serta mengimplemntasikan program kampus merdeka yang sesungguhnya.

Baca Juga:  DKP Aceh Upayakan Penanganan Tumpahan Minyak Secepat Mungkin

Ditegaskan Tarmizi Gadeng, Sag, SE, MSi bahwasanya, MoU ini juga mesti disinergikan dengan implementasi dari kedua belah phak dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab sebagai proses akademik yang semakin berkualitas serta memiliki kompetensi yang meiliki integritas, ditengah kehidupan masyarakat modern serta siap menghadapi era milenium atau industri 4.0 bahkan 5.0 sistem digital dalam kompetisi globalisasi yang demikian ketat serta sengit.

Demikian juga pelaksanaan MoU ini berlangsung disela waktu senggang atau istirahat dilaksanakannnya International Conferences, Seminar Serantau Isu-isu Komunity yang dihadiri serta diikuti oleh civitas akademika atau para dosen, mahsiswa UTU dan mahasiswa lainhya di Meulaboh, juga peserta atau pemakalash dari perguruan tinggi di Malaysia dan Indonesia.

Ini merupakan rankaian seminar berseri pada perguruan tinggi di Indonesia dan Malaysia, juga diharapkan pada tahun depan (2023) akan diselenggarakan di Universitas Halu Oleo, Kendari, sesuai dengan kesepakatan bersama para peserta dan perguruan tinggi yang terlibat pada acara seminar internasional di Universitas Teuku Umar (UTU) di Meulaboh pada tanggal 24-25 Nopember 2022.

Baca Juga:  Tahun 2022 Aceh Surplus Neraca Perdagangan Sebesar US$ 93.158.859 atau meningkat sebesar 92,35%.

Sehingga program bersifat akademik meningkatkan kualitas serta kapasitas akademil ini akan terus dipertahankan serta berlanjut pada masa akan datang, secara jangka panjang.

Dalam kesempatan ini FE Unmuha secara tim mengikuti acara tersebut dengan peserta seminar Taufiq, Tarmizi Gadeng, Zulkifli Umar dan Rusnaidi, menyampaikan serta menyajikan paper atau makalah dengan judul; Analysis of Goverment Public Policies dan Analysis of Social Economic Living Conditions. Dimana penyampaian makalah ini sesuai dengan Thema; Collaborative Action On The Fourth Industrial Revolution In Achieving Community Welfare, dalam hal ini mengangkat berbagai isu-isu komuniti dan kehidupan kemasyarakatan secara ril, serta berbagai permasalahan yang dihadapi dalam konteks kehidupan masyarakat modern. Dalam makalah yang disajikan oleh Tim FE Unmuha, ini dipercayakan kepada Taufiq sebagai penyampai atau presenter seminar terhadap kedua paper dan makalah dari hasil kajian serta penelitian bersama.

Baca Juga:  Perangi Narkoba, Pelajar SMA Ikuti Diklat Konselor Sebaya

Dengan demikian, Tarmizi Gadeng selaku Dekan Fakultas, menyatakan insya Allah jika pada seminar berseri yang akan datang sebagai aktivitas kolaboratif perguruan tinggi dalam pelaksanaan seminar internasional tersebut, juga insya Allah akan menawarkan diri sebagai pelaksana kegiatan seminar internasional kolaboratif perguruan tinggi tersebut, sesuai dengan gilirannya setelah di Indonesia juga dilaksanakan dan Malaysia.

Hal ini dinilai serta dirasa penting untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas para dosen pengajar di FE Unmuha dan secara umum dosen di perguruan tinggi. Disamping itu juga akan dipersiapkan kapasitas serta kemampuan akademik serta finansial untuk persiapan untuk mendukung pelaksanaan dan kepesertaan dari FE Unmuha, jika pelaksanaan dan atau seandainya pada masa akan datang dipercayakan pelaksanaan di Kampus Fakultas Ekonomi  Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Banda Aceh, hal ini dipertegas oleh Tarmizi Gadeng selaku Dekan FE Unmuha.***


Bagikan:

Tinggalkan Komentar