KIP Aceh Timur Gelar Pleno Terbuka Hasil Pemilu 2024

KIP Aceh Timur Gelar Pleno Terbuka Hasil Pemilu 2024
  
Penulis
|
Editor

Komisioner KIP Aceh Timur, Yusri SE, M Riza SSos, Sayed Reza Fachlevi SPd Khalidin SHi MH dan Marwan saat pembukaan Pleno Terbuka Pemilu 2024. (Foto:newsanalisa.com/SMT)


Idi, News Analisa – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur menggelar rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Aceh Timur, Jum’at (01/03).

Acara yang digelar di Grand Hotel Royal Idi, Desa Seunobok Bacee Kecamatan Idi Rayeuk tersebut dimulai pukul 10.00 WIB dan ba’da Jum’at dilanjutkan dengan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu Tahun 2024. Acara ini diagendakan selama 3 hari, mulai Tanggal 01 sampai 03 Maret 2024.

Ketua KIP Aceh Timur, Yusri SE dalam sambutannya mengatakan, bahwa Rapat Pleno ini diselenggarakan dengan secara terbuka untuk umum, jika nantinya ada ketidakcocokan dalam perhitungan, maka akan disandingkan dan disesuaikan dengan data masing-masing Partai dan Penyelenggara di Kecamatan (PPK) yang telah melakukan Rekapitulasi Pemungutan Suara.

Baca Juga:  Kadis DKP Aceh Jemput Kepulangan 3 Nelayan Aceh di Bandara SIM

“ucapan terimakasih atas partisipasi dan support yang luar biasa dari semua pihak, terutama dari peserta Pemilu Tahun 2024”, ucapnya.

“sejauh ini semuanya sangat memberikan support yang baik bagi penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, sehingga tahapan demi tahapan yang dimulai dari sosialisasi, kampanye dan pencoblosan berjalan aman, tertib, lancar dan terkendali”, sebut Ketua KIP Aceh Timur.

Yusri menjelaskan, Rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara adalah tahapan yang dinantikan oleh kita semua terutama dari peserta Pemilu karena akan menentukan hasil perolehan suara yang sah secara peraturan dan Undang-Undang.

“hasil ini juga akan menentukan siapa yang layak untuk menduduki jabatan dan kursi yang diperebutkan”, imbuhnya lagi.

“oleh karenanya, mari sama-sama kita sukseskan pelaksanaan kegiatan ini dengan pikiran yang dingin dan hati yang lapang untuk menerima hasil dari pilihan masyarakat Aceh Timur pada 14 Februari 2024 lalu”, pungkas Yusri.

Baca Juga:  Presiden AS Joe Biden Peringatkan Putin soal Konflik Rusia vs Ukraina

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Timur Ir Mahyuddin MSi menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran KPU, Bawaslu dan semua pihak yang telah memberikan kontribusi dalam menjaga kelancaran dan integritas proses demokrasi pada Pemilu Tahun 2024 di Aceh Timur.

“tahapan demi tahapan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 telah berjalan dengan lancar dan sukses. Hari ini kita akan melaksanakan salah satu tahapan penting, yakni rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara pada Pemilu Tahun 2024”, ujarnya.

“kegiatan ini merupakan tahapan Pemilu dalam mewujudkan transparansi dan legitimasi demokrasi negara kita”, tegasnya dihadapan undangan.

“sebagai penyelenggara Pemilu di Kabupaten Aceh Timur, maka ada tanggungjawab besar untuk memastikan proses ini berjalan dengan lancar, adil, dan berintegritas”, ungkap Mahyuddin.

Adapun jadwal Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten Aceh Timur, pada hari Jumat (01 Maret 2024) yaitu Kecamatan Darul Falah, Nurussalam, Indra Makmur, Sungai Raya, Peudawa, Rantau Selamat Darul Ihsan dan Idi Timur.

Baca Juga:  Dyah Erti Idawati BKMT Harus Berperan Aktif Dalam Pencegahan Covid-19

Selanjutnya Hari Sabtu (02 Maret 2024) yaitu Kecamatan Darul Aman Peureulak Barat, Banda Alam, Julok, Idi Tunong, Peunaron, Serba Jadi dan Idi Rayeuk.

Terakhir hari Minggu (03 Maret 2024) adalah Rekapitulasi Kecamatan Peureulak Timur, Peureulak, Ranto Peureulak, Madat, Pante Bidari, Simpang Ulim, Birem Bayeun dan Simpang Jernih.

Turut hadir seluruh Komisioner KIP Aceh Timur, Yusri SE, M Riza SSos, Sayed Reza Fachlevi SPd Khalidin SHi MH dan Marwan, Ketua DPRK Atim Fattah Fikri, Kapolres Aceh Timur AKBP Nova Suryandaru SIK, Dandim 0104/Atim diwakili Danramil 14/Rtp Kapten Inf Wagimin, Kajari Atim Dr Lukman Hakim SH MH, Pj Sekda Atim T Reza Rizki SH MSi, Ketua MPU Atim Tgk Muchtar Ibrahim (Abati Aramiah), Ketua Panwaslih Atim Muhammad Ali SSos dan anggota, perwakilan dan saksi Partai Politik di Aceh Timur serta awak media dan undangan lainnya. (Smt)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Live Streming