Festival Ramadhan 1445 Hijriah Berlangsung di Masjid Jamik Al Wustha

Festival Ramadhan 1445 Hijriah Berlangsung di Masjid Jamik Al Wustha
  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, News Analisa – Dalam menyambut dan memeriahkan Ramadhan 1445 Hijriah tahun ini, Remaja Masjid Jamik Al-Wustha Dusun Rawa Sakti Gampoeng Jeulingke mengadakan Festival Ramadhan.

Kegiatan tersebut berisi sejumlah lomba seperti lomba cerdas cermat, azan, praktik shalat, dai cilik, mewarnai, menggambar, tahfiz surat pendek dan Juz 1, 29, serta 30. Lomba ini didominasi oleh peserta anak-anak dari Dusun Rawa Sakti dan sekitarnya selama sepuluh hari awal ramadhan yang berlangsung di Masjid Jamik Al Wustha.

Ketua Remaja Masjid Jamik Al-Wustha, Ilham Akbar, S.A.P., mengatakan bahwa semua kegiatan lomba dilaksanakan secara gratis dan dilakukan setelah shalat tarawih di Masjid Jamik Al-Wustha hingga pukul 22.30 WIB. Kecuali lomba mewarnai yang akan dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB.

Ia menjelaskan bahwa lomba untuk sementara ini hanya dibuka untuk anak dan remaja di sekitar Dusun Rawa Sakti Gampong Jeulingke dan beberapa lembaga pendidikan di Masjid Jamik Al-Wustha.

Baca Juga:  Gubernur Aceh: Imunisasi Lengkap Bentuk Tanggungjawab Orangtua Melindungi Generasi Penerus

”Sejak awal dibuka pendaftaran anak-anak dan remaja cukup antusias dalam berpartisipasi dalam acara tersebut. Hingga akhir pendaftaran pun masih ramai peserta yang ingin mendaftar,” jelas Ilham yang juga salah satu ustadz pengajar di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan  pada tanggal 15-24 Maret 2024 ini merupakan bentuk Syiar syariat Islam di Aceh dan sekaligus memeriahkan agenda Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah di Masjid Jamik Al-Wustha. Pada kegiatan lomba Festival Ramadhan ini akan ditampilkan sekitar 50 peserta lomba yang memiliki bakat terbaik. Bahkan ada dari mereka yang sudah jauh-jauh hari latihan untuk mempersiapkan penampilan terbaik mereka.

Baca Juga:  GEN Aceh Latih Belasan Remaja jadi Edukator Bahaya Rokok

Kegiatan ini tidak memiliki anggaran keuangan khusus dalam proses pelaksanaannya, melainkan menggunakan anggaran yang di dapatkan dari proposal yang dibagikan kepada masyarakat sekitar. Dari sini sangat terlihat bagaimana antusias masyarakat dalam mendukung kegiatan Festival Ramadhan ini. “Insya Allah para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dan sertifikat penghargaan”, sebut Ichsan Hafidz selaku ketua panitia pelaksana.

Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Wustha Dusun Rawa Sakti Jeulingke, Dr. Ir. Rahmat Fadhil, M.Sc., mengucapkan terima kasih atas dukungan warga dan jamaah masjid terhadap terlaksananya Festival Ramadhan tahun ini.

“Kita sangat mengapresiasi kepada semua pihak yang turut memberikan bantuan dan saran-saran hingga terlaksananya Festival Ramadhan di Masjid Al-Wustha pada ramadhan tahun ini,” ujar Rahmat yang juga merupakan Dosen Universitas Syiah Kuala tersebut.

Baca Juga:  Panwaslih Aceh dan The Aceh Institute Sosialisasi Peran OMS dalam Awasi Pemilu

Begitu pula halnya Kepala Dusun Rawa Sakti Gampoeng Jeulingke, H. Zulhan Hanafiah, S.Kom., menyambut baik atas terselenggaranya Festival Ramadhan di Masjid Jamik Al-Wustha.

“Selaku pimpinan pemerintahan di tingkat dusun, saya sangat bangga dan gembira dengan inisiatif remaja masjid di rawa sakti ini untuk menginisiasi kegiatan yang sangat bermanfaat dalam mengisi ramadhan tahun ini.

Saya atas nama pribadi dan perangkat dusun selalu memberikan dukungan dalam kegiatan-kegiatan sosial, masyarakat dan keagamaan di dusun rawa sakti ini,” jelas Haji Zulhan kepada media.

“Semoga kegiatan baik ini akan berdampak positif bagi pengembangan keagamaan dan menjadi proses pembelajaran bagi anak-anak remaja kita agar terus berprestasi sejak usia muda,” sebut beliau mengakhiri.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Live Streming