Pengelolaan Pendidikan di YDBU Diduga Cacat Secara Hukum

Pengelolaan Pendidikan di YDBU Diduga Cacat Secara Hukum
Direktur Aceh Legal Consul (ALC), Muslim A Gani SH  
Penulis
|
Editor

Kota Langsa, News Analisa – Pengelolaan pendidikan yang saat ini dikuasai oleh Yayasan Dayah Bustanul Ulum (YDBU) diduga cacat hukum pasca keputusan Pengadilan Negeri Langsa yang mengeksekusi sejumlah aset.

“Hingga saat ini YDBU belum memiliki izin penyelengaraan pendidikan oleh Kementrian Agama, semua masih menggunakan izin Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa (YDBUL),” ujar kuasa hukum YDBUL, Muslim Agani, pada Senin (6/02/2023).

Ia menyebut, meskipun izin pendidikan Madrasah Tsanawiyah, Aliyah dan Stikes masih atas nama YDBUL, namun pihak YDBU sudah mengganti dan melantik kepala sekolah yang baru.

Baca Juga:  Presiden Herzog: Israel Akan Dukung Kebutuhan Keamanan UEA

“Apa yang menjadi dasar hukum YDBU menganti dan melantik kepala sekolah, sedangkan izin masih dipegang oleh YDBUL. Ini tentu menjadi kekhawatiran sejumlah orang tua wali murid di mana anak-anaknya nanti memiliki ijazah cacat hukum,” Ungkap Muslim A Gani.

Terkait persoalan itu, kata Muslim, pihak YDBUL telah menyurati Kementrian Agama (Kemenag) Kota Langsa dan hingga saat ini belum ada jawaban pihak Kemenag Langsa.

Baca Juga:  HMI Cabang Langsa Peringati Milad ke-74

Dijelaskan, berdasarkan surat keputusan Mentri Agama nomor: 528 tahun 2018 tentang pemberian izin operasional pendirian Madrasah Tsanawiyah Swasta Ulumul Quran Kecamatan Langsa Timur Kota Langsa, Provinsi Aceh nomor statistik Madrasah: 12211740002, atas nama organisasi penyelengara YDBUL dengan pengesahan akte notaris organisasi penyelengara: AHU-5278.AH.01.08.Tahun 2010.

“Begitu juga dengan Aliyah sesuai keputusan Mentri Agama nomor 249 tahun 2019 jatuh kepada YDBUL serta Stikes Bustabul Ulum Langsa sesuai keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor: 250/E/O/2014 tentang izin perubahan bentuk Akademi Kebidanan Bustanul Ulum Langsa menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Bustanul Ulum Langsa diselengarakan oleh YDBUL,” ujarnya.

Baca Juga:  KIP Pidie Bahas dan Tentukan Jadwal Kempanye Terbuka

Sementara, Kepala Kemenag Langsa, Hasanuddin yang dikonfirmasi Lingkarkita.com, melalui telepon seluler, Senin (6/02) mengatakan, dirinya sedang tidak berada di tempat dan menyarankan untuk konfirmasi lebih lanjut ke Kepala Seksi Pendidikan Kemenag Langsa.

Kepala Seksi Pendidikan, Kemenag Langsa yang dikonfirmasi tidak berada di tempat dan menyarankan untuk kembali lagi besok hari Selasa.***

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Live Streming