Impact Blue Sea Foundation (IBSF) Gelar Konservasi Hiu dan Pari di Abdya

Impact Blue Sea Foundation (IBSF) Gelar Konservasi Hiu dan Pari di Abdya
Tim IBSF Diskusi bersama para Nelayan terkait konservasi Hiu dan Pari yang harus di Lindungi /foto.ist  
Penulis
|
Editor

Newsanalisa.com|Abdya-Yayasan Impak Laut Biru atau Impact Blue Sea Foundations (IBSF) melaksanakan kegiatan konservasi dan penelitian terkait jenis ikan Hiu dan Pari di wilayah Aceh Barat Daya.

Kegiatan ini bertujuan memberikan sosialisasi kepada masyarakat nelayan terkait jenis Hiu dan Pari yang dilindungi.

“Kita memberikan pemahaman kepada para Nelayan untuk menjaga kelestarian jenis Hiu dan Pari yang harus dilindungi, terutama yang hampir punah keberadaannya, “ungkap Pembina IBSF, Muhammad Ichsan kepada media, Minggu (5/5/2024).

Saat Tim IBSF lakukan konservasi langsung di PPI Ujung Serangga Susoh, Abdya beberapa waktu lalu /foto.ist

Ichsan menjelaskan, kegiatan ini telah berjalan sejak 2023 dan akan berlangsung beberapa tahun ke depan. Selain memberikan pemahaman dan edukasi, IBSF juga melakukan pendataan terkait hasil tangkapan nelayan untuk memperkuat pengelolaan di tingkat lokal dan Nasional.

Baca Juga:  Kapolresta Banda Aceh Ziarah ke Makam Abu Lam UĀ 

Untuk langkah awal program, kita pusatkan di kawasan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujung Serangga Kecamatan Susoh dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lhok Pawoeh Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya.

“Selain menjalankan program konservasi kami juga turut mendukung penelitian terkait biologi, perikanan dan perdagangan Hiu dan Pari. Baru-baru ini kami juga memfasilitasi mahasiswa dari Universitas di Aceh untuk melakukan penelitian tugas akhir,” tambahnya.

Baca Juga:  Rusia Gelar Latihan Perang Nuklir, AS Klaim Siap Serang Ukrania

“Lebih lanjut, IBSF bukan hanya mengajak masyarakat lebih peduli terhadap kelestarian Hiu dan Pari serta habitatnya, namun juga berusaha mencari solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar