YAGEMI Gelorakan Minat Baca di Rumah Tahanan Kelas llB Banda Aceh

YAGEMI Gelorakan Minat Baca di Rumah Tahanan Kelas llB Banda Aceh
Ketua Yagemi Aceh , Desi Anara Desky bersama para pengurus lembaga, 23/12/2020.  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, News Analisa – Yayasan Gemar Membaca Indonesia (Yagemi), terus menggelorakan semangat membaca menuju literasi penuh agar masyarakat makin menyadari bahwa menjaga kesehatan lahir dan batin adalah kewajiban pribadi sebagai manusia yang berpikir, berakhlak, dan berkarakter, (23/12/2020).

Program ini dilakukan melalui kegiatan “Buku masuk rumah secara bergiliran,” Ketua Yagemi Aceh , Desi Anara Desky mengatakan,  YAGEMI menyiapkan sistem yang telah diuji coba sejak beberapa tahun yang lalu.

Tiap paket buku yang dikirim secara bergilir ke rumah-rumah terdiri dari bacaan anak-anak, remaja, dan bacaan untuk orang tua.

“Konten-konten bacaan diutamakan yang berkaitan dengan kehidupan, kesehatan, kewirausahaan, pendidikan, keagamaan, Sosial dan buku-buku praktis lainnya,”

Baca Juga:  Taliban Umumkan Pemerintahan Baru, Warga Dilarang Protes

Hal ini, kata dia, sejalan dengan kebijakan pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI tentang Pengembangan Kapasitas Masyarakat di Desa Desa.

Program buku masuk rumah ini juga sangat relevan dengan kondisi terbatasnya bacaan masyarakat. Dan biasanya Program pustaka bergilir ini dilakukan dirumah kali ini Program ini di adakan dalam Rutan Yang diperuntukan untuk Masyarakat Tahanan dan Narapidana di Rutan kelas llB Banda Aceh.

Anara menjelaskan, Pustaka Bergilir Buku Masuk Rumah (PB-BMR) adalah sistem penyediaan dan pengantaran buku bacaan ke rumah-rumah yang sesuai untuk keluarga Indonesia. Buku diantarkan secara bergilir ke rumah-rumah setiap 15 hari oleh petugas.

Baca Juga:  Pemerintah Aceh Ikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI

Selain Program Pustakaan bergilir yang nantinya akan digulirkan ke masing2 kamar dari total 71 kamar, Saya Juga memilih masing2 koordinator kamar sebanyak 71 orang yang akan menjadi ketua kelompok untuk masing masing kamar dan 1 Petugas yang bertangung jawab penuh atas 71 orang koordinator masing masing kamar itu.

Selain itu Anara juga mengandeng Persatuan Penyelengara Jasaboga lndonesia ( PPJI ) Aceh, yang diketuai oleh lbu Erika Mulyana SE, Ak yang nantinya akan mensupport Program keterampilan Narapidana dan Tahanan dibidang keahlian berwirausaha selain itu Ada Gerakan Muda Aceh (GEMA) yang diketua oleh Bapak Hadi Saputra yang juga Aktif dalam kegiatan kepemudaan yang nantinya akan ikut peran dalam mendorong motivasi bagi warga binaan dalam meningkatkan kepercayaan diri dan mental mereka.

Baca Juga:  Gubernur Aceh, Rest Area Tol harus Berisi Produk Lokal

Sementara itu Kepala Rutan Kelas llB Banda Aceh, Bapak Irhamuddin Sangat Antusias dan memberi dukungan penuh atas kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh YAGEMl PPJI dan GEMA.

Dengan banyaknya kegiatan kegiatan positif yang dapat dilaksanakan oleh para Penghuni Rutan maka semakin bermaamfaat bagi mereka baik menghilangkan kejenuhan dan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, semangat dan keterampilan yang sangat berguna bagi warga binaan kami.(*)


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar