USK dan Dinas Koperasi UKM Aceh Sosialisasi Kewirausahaan

USK dan Dinas Koperasi UKM Aceh Sosialisasi Kewirausahaan
Kegiatan Sosialisasi Kewirausahaan bagi Mahasiswa USK Banda Aceh, Kamis 11/05/2023  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, News Analisa – Universitas Syiah Kuala melalui Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kewirausahaan bagi Mahasiswa USK dengan Tema “Ingin Kaya? Ayo Jadi Pengusaha”.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Hotel Al-Hanifi ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari Rabu dan Kamis, tanggal 10 dan 11 Mei 2023 menghadirkan 100 mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Syiah Kuala yang sebagian telah berwirausaha.

Kegiatan juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc. yang juga memberikan arahan menyampaikan bahwa mahasiswa yang dihadirkan kesini berdasarkan seleksi yang sudah kita lakukan sejak beberapa hari sebelumnya. Ia menjelaskan Entrepreneur adalah sebuah jiwa untuk memperkuat diri sendiri agar dapat memberi semangat dalam melakukan usaha, jadi entrepreneur bukan hanya sekedar berdangang saja.

Baca Juga:  UIN Ar-Raniry Bahas Optimalisasi PNBP dengan Dewas BLU

Prof. Dr. Mustanir M.Sc. juga meminta kepada mahasiswa yang mengikuti pelatihan agar dapat memanfaatkan semaksimal mungkin kegiatan ini, dan kemungkinan tahun depan akan ada lanjutannya lagi dalam peningkatan kewirausahaan. Kita juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Koperasi UKM yang telah memfasilitasi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa USK, dalam menumbuhkembangkan usaha mereka seterusnya

Sambutan dan sekaligus pembukaan acara dilakukan oleh Kepala Dinas Koperasi UKM yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan, Aswar, S.Hut, M.AP. Beliau menyebutkan bahwa kegiatan sosialisasi kewirausahaan ini bertujuan ingin mendorong adik-adik mahasiswa ini agar punya semangat wirausaha, sehingga mereka mempunyai inisiatif untuk memulai kewirausahaannya jangan hanya menunggu jadi sarjana saja.

Baca Juga:  Sosok Kombespol Margyanta Dimata Praktisi Hukum

Sehingga tidak terbuang waktu kosong untuk memikirkan arah kemana, tapi dengan mempunyai usaha ini mereka bisa menjalani terus usahanya yang telah dirintis sejak menjadi mahasiswa. Selanjutnya tahun depan kita sedang memprogramkan fasilitasi beberapa mahasiswa terbaik yang mempunyai kewirausahannya, akan dibantu peralatan usaha sesuai dengan kegiatan yang dijalankan.

Pada kegiatan ini Direktur Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan, Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP.,M.Sc turut menjadi salah satu pemateri. Dalam penjelasannya mengatakan bahwa dunia pasca kampus menghadapi tantangan bahwa peluang menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dan karyawan itu hanya 5%, kemudian melanjutkan pendidikan pascasarjana 10%, sisanya 85% adalah peluang besar utk berwirausaha.

Baca Juga:  Pengamat: Gedung Cyber I Urat Nadi Layanan Digital di Indonesia

“Kalau adik-adik mahasiswa berpikir untuk berwirausaha pasca lulus kuliah, maka itu terlambat. Sekaranglah saatnya masih masa mahasiswa mulai merintis usaha, apalagi dengan dukungan Universitas Syiah Kuala, maka semakin lebih terbuka lagi peluang yang dapat dilakukan.” Kata beliau dengan penuh antusias memotivasi peserta itu.

Selain itu, kegiatan ini juga turut mengundang beberapa narasumber lainnya seperti Ichsan., S.E., M.E., Almer Haris dari PT. Yakin Tuna Pasifik, Mufied Al-Kamal dan Nur Anindya Setiyaningsih. Para narasumber ini adalah anak-anak muda yang tengah merintis usaha dengan kemajuan yang sangat menggembirakan saat ini.

Harapannya kegiatan ini mampu menambah wawasan dan motivasi mahasiswa-mahasiswa USK untuk berwirausaha dan bagi mahasiswa yang telah memiliki usaha akan kita bantu penguatan kapasitasnya.***


Bagikan:

Tinggalkan Komentar