Tim Gemas SKPA Mulai Distribusikan Masker ke Kabupaten Kota

Tim Gemas SKPA Mulai Distribusikan Masker ke Kabupaten Kota
  Dukumen Foto Humas Aceh
Penulis
|
Editor

Banda Aceh – Tim Gerakan Masker Sekolah (Gemas) yang dilepas Gubernur Ir. Nova Iriansyah MT, bersama Forkopimda Aceh, hari Minggu kemarin dilaporkan sudah mulai mendistribusikan masker ke kabupaten dan kota di seluruh Aceh per Senin 30/11 hari ini.

“Tim Gemas SKPA berangkat lebih awal untuk berkoordinasi dengan bupati dan wali kota serta dinas pendidikan di sana. Di hampir semua kabupaten masker sudah diberikan kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk nantinya diambil langsung oleh kepala sekolah dan diberikan ke siswa,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, dalam keterangannya.

Baca Juga:  Sekda Taqwallah: Hasil Swab Tes Tetap Keluar 1×24 Jam

Selain itu, kata Iswanto, tim Gemas SKPA juga tengah mempersiapkan seluruh rangkaian untuk acara puncak pada Rabu 2 Desember nanti.

Tim Gemas berangkat ke seluruh Aceh mengantarkan masker ke semua sekolah-sekolah di Aceh. Gerakan Masker Sekolah atau GEMAS, merupakan sebuah aksi nyata memutus mata rantai penyebaran covid-19 di lingkungan sekolah.

Iswanto mengatakan, program Gemas menyasar 6.783 sekolah se-Aceh dan 39.389 rombongan belajar. Sebanyak 117.712 guru dilibatkan dalam program itu, demi memastikan bahwa 1.081.174 juta peserta didik di Aceh selalu memakai masker.

Baca Juga:  Pj Gubernur Aceh Apresiasi Bimtek Dunia Usaha Anti Korupsi yang Diselenggarakan KPK

Adapun masker yang dibagikan, bersumber dari bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Kesehatan. Dalam laporannya, Nova mengatakan bahwa beberapa perusahaan di Aceh juga turut memberikan donasi untuk pembuatan spanduk dan brosur kampanye GEMAS.

Pada Rabu 2 Desember mendatang, seluruh siswa di Aceh akan memakai masker secara serentak. Nantinya tepat pukul 10 pagi, guru atau wali kelas akan memakaikan masker secara simbolis kepada siswa.

GEMAS bukan sebatas kegiatan spontanitas yang dijalankan pemerintah Aceh. Jauh sebelum itu pemerintah Aceh telah menjalankan banyak program guna mengantisipasi dampak virus covid-19. Di antara yang telah dilakukan adalah Gerakan Aceh Mandiri Pangan atau GAMPANG untuk mengantisipasi dampak terhadap ketersediaan bahan pangan.

Baca Juga:  Bawa Ganja 175 Kg, Satresnarkoba Polres Gayo Lues Tangkap 2 Pelaku 1 Diantaranya Tewas Saat Mencoba Kabur

Selanjutnya adalah Gerakan Gebrak Masker Aceh atau GEMA yang tujuannya mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker untuk melindungi masyarakat dari ancaman covid-19. Berikutnya menyusul Gerakan Nakes Cegah covid-19 atau GENCAR yang fokus untuk mendukung sistem kerja tenaga Kesehatan dalam pemulihan dan penanganan pasien.

Berbagai Gerakan itu telah memberikan hasil yang menggembirakan. Terbukti sepanjang November 2020 ini, angka penularan covid di Aceh semakin berkurang dan angka kesembuhan pun dilaporkan meningkat.(Red)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Live Streming