Tiga SKPA Gelar Donor Darah Massal, Terkumpul 54 Kantong

Tiga SKPA Gelar Donor Darah Massal, Terkumpul 54 Kantong
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, S.STP, MM saat donor darah rutin di PMI Kota Banda Aceh, Kamis (29/7/2021).  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, News Analisa – Para pegawai Dinas Pangan Aceh, Dispora Aceh dan Inspektorat Aceh mendonorkan darahnya dalam gelaran donor darah pemerintah Aceh. Alhasil dari ketiga SKPA ini terkumpul 54 kantong darah.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, dalam keterangannya mengatakan, bekerjasama dengan PMI Kota Banda Aceh, semua SKPA Pemerintah Aceh rutin menggelar donor darah sejak tahun 2020 lalu.

“Awalnya memang dimulai dari arahan Bapak Gubernur. Tapi saat ini sudah menjadi kebiasaan para pegawai pemerintah Aceh dan setiap 3 bulan sekali mereka rata-ratanya rutin mendonorkan darah mereka,” kata Iswanto dalam keterangannya di Banda Aceh, Kamis 29 Juli 2021.

Baca Juga:  Dosen FP-USK, Perkenalkan Inovasi Produk Sabun Cair di Sekolah SMPN 14 Banda Aceh

Lebih lanjut Muhammad Iswanto menerangkan, aksi donor darah rutin ASN itu terus dimaksimalkan selama pandemi COVID-19, guna memastikan tercukupinya kebutuhan darah untuk dunia medis. Hal itu lantaran kebutuhan darah di masa pandemi ini disebut juga mengalami kenaikan.

Untuk itu, lanjut Iswanto, Pemerintah Aceh juga mengajak pemerintah Kabupaten dan Kota untuk ikut melakukan hal yang sama di daerah masing-masing.

“Pemerintah Aceh mengajak pemerintah kabupaten/kota untuk juga menerapkan disiplin donor darah guna membantu masyarakat, seperti pasien thalasemia yang rutin membutuhkan darah dan masyarakat lainnya,” kata Iswanto.

Baca Juga:  PPKM Jawa-Bali dan Luar Jawa-Bali Kembali Diperpanjang

Iswanto melanjutkan, Pemerintah Aceh juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para ASN yang selama ini telah menyumbangkan darah mereka.

“Alhamdulillah, pemerintah menyampaikan terima kasih kepada teman-teman ASN. Dan kita bersyukur juga sejak program ini diluncurkan oleh Gubernur Aceh, banyak ASN yang telah menjadi pendonor rutin.”

Iswanto menyebutkan, kesediaan dan kesadaran para pegawai mendonor darah rutin sangat membantu PMI dalam penyediaan stoK darah untuk kepentingan medis.

Ketua PMI Cabang Banda Aceh, Qamaruzzaman Haqni, mencatat sejak digagas pada Mei hingga Desember 2020 lalu, aksi donor darah ASN Pemerintah Aceh dan personil TNI sudah mampu memenuhi hingga 70 persen kebutuhan darah di Banda Aceh. Angka itu belum lagi ditambah dengan donor darah yang dilakukan individu masyarakat.

Baca Juga:  100 Hari Kerja, FKPPA: Kinerja Ahmad Marzuki berbeda Jauh dari Nova Iriansyah

Sejak digagas dulu, aksi donor darah ini juga telah menjadi agenda rutin dan masuk ke dalam kalender kegiatan setiap Satuan Kerja Perangkat Aceh. Setiap giliran donor tiba sesuai kalender, petugas PMI akan berkunjung ke SKPA untuk memfasilitasi aksi donor darah.(*)


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Live Streming