- 12 Maret 2022

Sumur Minyak Ranto Peureulak, Aceh Timur Terbakar

Sumur Minyak Ranto Peureulak, Aceh Timur Terbakar
  
Penulis
|
Editor

Aceh Timur, News Analisa – Sumur minyak rakyat di Desa Mata Ie, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur terbakar, jum’at (11/3/2022) malam.

Video kebakaran sumur minyak tradisional di Aceh Timur tersebut beredar cepat di media sosial.

Ledakan yang terjadi disalah satu sumur, awalnya dipicu oleh percikan api yang mengakibatkan api menyambar hingga terjadi ledakan.

Tekanan minyak dari perut bumi membuat api membumbung tinggi hingga puluhan meter dari permukaan tanah.

Belum diketahui pasti berapa jumlah korban, baik korban jiwa maupun korban yang sedang dalam perawatan di RSUD Sultan Abdul Azis Syah Peureulak, dan RSUD Zubir Mahmud.

Bupati Aceh Timur, H Hasballah HM Thaib atau Rocky, via waspada membenarkan peristiwa tersebut terjadi disalah satu sumur gas tradisional disana.

“Benar, Instansi terkait sudah ke lokasi untuk pengecekan, tapi untuk korban masih dalam pendataan,” ujar rocky yang dilansir waspada, Sabtu (12/3/2022).

Sementara itu, Anggota DPRK Aceh Timur, Rasydi alias Pitung, via serambinews mengatakan, yang terbakar itu sumur yang baru dibor dan baru menyemburkan minyak.

“Menurut info, minyaknya baru nembak naik, kemudian warga berdatangan terus tiba-tiba terjadi kebakaran dan ledakan,” ujar pitung, yang dikutip dari serambinews, Sabtu (12/3/2022).

Ketua Lemkaspa Aceh Timur, Sanusi Madli menyampaikan rasa duka yang mendalam atas peristiwa tersebut.

“Kami sangat berduka saat mendapatkan kabar tersebut pada jum’at malam, bagaimanapun mereka para korban adalah para pejuang keluarga yang sedang mencari nafkah, semoga yang meninggal dunia dalam keadaan husnul khatimah,” kata sanusi

Sanusi menyampaikan, ledakan ini sudah pernah terjadi meskipun di sumur yang berbeda, tapi masih dalam kawasan Ranto Peureulak, Aceh Timur, pada 5 juli 2019 yang lalu.

“Peristiwa ini bukan yang pertama, mudah mudahan hal ini mendapatkan perhatian khusus dari pemda setempat, agar peristiwa ini tidak lagi terjadi,” harap mantan Ketua DPM USK ini

Sanusi menyampaikan rasa duka yang mendalam atas peristiwa tersebut, semoga para keluarga tabah menerima cobaan tersebut.

“Kita semua berduka, semoga masyarakat yang menjadi korban, diberikan ketabahan dan kesabaran oleh Yang Maha Kuasa,” tutup Mantan Sekjend PDD Aceh ini.***


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Berita Terkini