SKK Migas dan Premier Oil Berikan Literasi Informasi Hulu Migas kepada Mahasiswa Aceh

SKK Migas dan Premier Oil Berikan Literasi Informasi Hulu Migas kepada Mahasiswa Aceh
SKK Migas dan Premier Oil Berikan Literasi Informasi Hulu Migas kepada Mahasiswa Aceh, Sabtu, 23/09/2021.  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, News Analisa – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama Wilayah Andaman Aceh (KKKS Andaman) serta Migas Center Universitas Malikussaleh mengadakan Webinar dengan tema “Pemetaan Bawah Permukaan & Virtual Tour Fasilitas Produksi”. Kegiatan ini digelar melalui daring/virtual. Kegiatan ini juga didukung oleh BPMA (Badan Pengelola Migas Aceh). Sabtu, (25/09/2021).

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut,  Rikky Rahmat Firdaus menyampaikan bahwa Kegiatan Sosialisasi Hulu Migas di Migas Center adalah sarana edukasi dan pengembangan potensi diri.

Migas Center merupakan salah satu komitmen SKK Migas Sumbagut – Kontrak Kerja Sama (KKKS) adalah upaya yang terus memberikan pemahaman yang mendalam kepada seluruh elemen masyarakat dan pelajar.

“Harapannya Mahasiswa/i mampu memahami Kegiatan Hulu Migas secara utuh dan mampu menghadapi tantangan kedepan yang akan semakin berat dan diperlukan kompetensi yang mumpuni untuk mampu bersaing di dunia kerja”, ujar Rikky.

Baca Juga:  Waspada! Penularan Omicron Mulai Didominasi Transmisi Lokal

Rektor Universitas Malikussaleh, yang diwakili oleh Pembantu Rektor IV Dr. Ir. Azhari, M.Sc., IPM., Asean.Eng dalam sambutannya Webinar hari ini mengusung tema khusus dan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dalam bidang migas yang teknologinya selelau berkembang.

Beliau mengharapkan dengan adanya kegiatan webinar ini dapat meberikan pencerahan bagi adik-adik mahasiswa yang dapat digunakan untuk mengedukasi kepada masyarakat sekitar tentang industri migas. Bapak Azhari juga menambahkan bahwa kegiatan Migas Center UNIMAL dapat terus dilaksanakan sebagimana yang telah diagendakan dalan kurikulum, yang mana dalam hal ini melibatkan para parktisi.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada SKK Migas dan KKKS yang telah mendukung kegiatan Migas Center Unimal mengadakan kegiatan ini, kami harap kegiatan seperti ini terus dilakukan bersama Unimal dan terimakasih kepada Premier Oil dan KKKS lainnya ”. Ujar Pembantu Rektor IV Dr. Ir. Azhari, M.Sc., IPM., Asean.Eng.

Baca Juga:  Plt Gubernur Aceh Kunjungi Asrama Mahasiswa Aceh di Malang

Sementara Koordinator Migas Center, Bapak Muhammad Fazil S.Ag, M.Sos memberikan ringkasan kegiatan acara yang akan dilaksanakan oleh Migas Center UNIMAL untuk tahun 2021.  “Untuk kegiatan webinar yang kedua ini, terlihat sekali antusisame dari mahasiswa Aceh dalam menghadiri acara ini.  Terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 300 lebih dan  yang hadir angkanya mendekati 150 orang”.

Harapan dari kegiatan adalah agar dapat menjadi tambahan wawasan bagi mahasiswa Aceh dan dapat menjadi agen informasi edukasi industri hulu migas kepada segenap mahasiswa dan masyarakat .

Awalus Sadeq  Community Investment Manager Premier Oil Andaman Ltd. menjelaskan bahwa walaupun acara ini diadakan secara daring tetapi selaiknya tidak mengurangi arti dan makna dari webinar ini.

“Premier Oil Andaman Ltd mendapatkan kehormatan untuk menyampaikan kegiatan produksi fasilitas kami. Sebagai bentuk komunikasi dan sarana edukasi kepada segenap stakeholder di Aceh. Materi pertama yang akan di bawakan oleh Chrisnadi Susanto  – Geologist – Subsurface Department Premier Oil dengan judul Pemetaan  Bawah Permukaan dan Perhitungan Cadangan Migas dan materi yang kedua oleh Haris Darmawan – Piping Engineer & B.K. Noviarto  – Senior Processing Engineer, FEMRI (Facility Engineering Modification Reliability & Integrity) Department Premier Oil.”

Baca Juga:  Ketua BKMT Aceh Ajak Pengurus Implementasikan Ajaran Al-Quran dalam Kehidupan

Sekilas informasi Premier Oil Andaman II, pada tahun 2022 merencanakan kegiatan pengeboran 1 Sumur Timpan di lepas pantai sekitar 150an km dari garis pantai Lhoksemawe. Sesuai aturan diatas 12 mil laut, pengawasannya dibawah SKK Migas. Nama Sumur Timpan diambil dari nama kudapan khas Aceh yang menyelaraskan kegiatannya dengan kearifan tradisional.

Webinar yang dipandu oleh Panitia Migas Center Universitas Malikussaleh oleh Jefri Mulya, mahasiswa tingkat akhir jurusan Hukum Universitas Malikussaleh, berjalan sangat interaktif, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan peserta webinar kepada narasumber yang dikemas secara menarik sehingga dapat meningkatkan literasi migas Indonesia.(*)


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar