Rusia Dilaporkan Borong Jutaan Peluru Artileri dan Roket dari Korea Utara

Rusia Dilaporkan Borong Jutaan Peluru Artileri dan Roket dari Korea Utara
Rusia dilaporkan membeli jutaan peluru artileri dan roket dari Korea Utara (Foto: Reuters)   
Penulis
|
Editor

Internasional, News Analisa – Fakta mengejutkan disampaikan intelijen Amerika Serikat (AS), Rusia membeli jutaan peluru artileri serta roket dari Korea Utara (Korut). Surat kabar The New York Times (NYT), mengutip sumber intelijen AS, melaporkan informasi tersebut.

Beberapa pejabat AS kemudian mengonfirmasi bahwa laporan NYT akurat terkait pembelian peralatan militer Rusia dari Korut.

“Kementerian Pertahanan Rusia sedang dalam proses pembelian jutaan roket dan peluru artileri dari Korea Utara untuk digunakan di medan perang di Ukraina,” kata seorang sumber pejabat, kepada Reuters, dikutip Selasa (6/9/2022).

Baca Juga:  Darud Donya Kecam Pelanggaran Komitmen Pemko Banda Aceh Terhadap Penyelamatan Situs Sejarah

Dia menambahkan, temuan tersebut mengindikasikan Rusia mengalami kekurangan pasokan peralatan militer dalam perang di Ukraina. Ini juga bisa disebabkan karena kontrol ketat dan sanksi.

“Kami mengira Rusia akan coba membeli peralatan militer tambahan dari Korea Utara ke depannya,” kata pejabat itu. NYT, dalam laporannya, dilansir dari inews.id pada Sesla (6/9/2022).

Sumber tersebut mengungkap ketergantungan Rusia terhadap persenjataan Korut menunjukkan bahwa sanksi yang dijatuhkan AS serta negara-negara Barat mulai menunjukkan dampak dalam mengurangi kemampuan Negeri Beruang Merah dalam melanjutkan invasinya ke Ukraina.

Baca Juga:  Warga Dusun Kampung Meurah Gelar Doa Bersama Mengenang 17 Tahun Tsunami Aceh

Namun sumber intelijen tidak menjelaskan secara rinci peralatan perang atau persenjataan apa saja yang dibeli, selain peluru artileri dan roket.

Seorang pejabat AS bulan lalu juga mengatakan drone buatan Iran yang digunakan Rusia dalam perang di Ukraina mengalami kegagalan. Menurut pejabat itu, Rusia kemungkinan besar akan membeli ratusan drone Mohajer-6 dan Shahed.***


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Live Streming