Puslitbangtan bersama H. Irmawan Bina Petani Padi Gayo Lues melalui Bimtek

Puslitbangtan bersama H. Irmawan Bina Petani Padi Gayo Lues melalui Bimtek
Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan bersama Anggota DPR RI Komisi IV, H. Irmawan, S.Sos., MM mengadakan bimbingan teknis (bimtek) kegiatan Produksi Benih Padi Sawah di Kabupaten Gayo Lues, Aceh (01/09/2021)  
Penulis
|
Editor

Gayo Lues, News Analisa – Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan bersama Anggota DPR RI Komisi IV, H. Irmawan, S.Sos., MM mengadakan bimbingan teknis (bimtek) kegiatan Produksi Benih Padi Sawah di Kabupaten Gayo Lues, Aceh (01/09/2021) lalu.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Riset Pengembangan Inovatif Kolaboratif (RPIK) Padi di Provinsi Aceh yang terselenggara berkat kerjasama Badan Litbang Pertanian dengan Komisi IV DPR RI. Adapun peserta kegiatan bimbingan teknis itu dilaksanakan selama dua hari secara berturut yang masing-masing menghadirkan 100 peserta dari unsur calon penangkar benih padi, petani milenial, kelompok tani/gabungan kelompok tani, penyuluh pertanian, maupun stakeholders terkait dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (protkes).

Baca Juga:  Kim Jong Un 'Murka' ke Presiden AS Joe Biden

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Puslitbang Tanaman Pangan, Dr. Priatna Sasmita, M.Si yang didampingi oleh Kepala BPTP Aceh Ir. M. Ferizal, M.Sc. Turut hadir membuka kegiatan tersebut anggota Komisi IV DPR RI, H. Irmawan, S.Sos, MM dan Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues, H. Said Sani, S.Pd.

Dalam sambutannya, Kepala Puslitbangtan menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan teknis produksi benih padi pada lahan sawah kali ini memfokuskan pembahasan pada urgensi penyediaan benih varietas unggul padi spesifik agroekosistem. “Kita ketahui bersama bahwa Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan berbagai varietas padi unggul spesifik agroekosistem yang dapat menjadi pilihan petani Kabupaten Gayo Lues dalam melakukan budidaya padi”, tutur Priatna.

Baca Juga:  Polresta Banda Aceh Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2020 Bersama Awak Media

Anggota Komisi IV DPR RI, H. Irmawan, S.Sos, MM yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Badan Litbang Pertanian atas terselenggaranya kegiatan bimbingan teknis di Kabupaten Gayo Lues, Aceh. “Saya berharap melalui kegiatan bimbingan teknis ini terdapat transfer knowledge bagi para petani, khususnya petani milenial di Kabupaten Gayo Lues, sehingga dapat memajukan perekonomian di Kabupaten Gayo Lues”, imbuhnya.

Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues, H. Said Sani dalam sambutannya menyampaikan bahwa sektor pertanian merupakan sektor andalan di Kabupaten Gayo Lues yang memberikan kontribusi terbesar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Gayo Lues setiap tahunnya. “Umumnya sawah yang ada di Kabupaten Gayo Lues ini adalah sawah tadah hujan, dan biasanya juga para petani dalam mengolah sawah ini masih menggunakan teknologi tradisional”, tuturnya. Di akhir sambutannya, beliau menyampaikan terimakasih atas kesediaan Badan Litbang Pertanian dan Komisi IV DPR RI atas terselenggaranya bimtek kali ini dan berharap para petani dapat menerapkan ilmu yang diberikan.

Baca Juga:  IGI Sesalkan Pernyataan Rektor USK Tentang Kondisi Pendidikan Aceh

Kegiatan tersebut ditutup oleh Munawar AR, M.Si yang merupakan Tenaga Ahli (TA) dari Irmawan. Diakhir Bimtek panitia melakukan evaluasi kegiatan dengan mengadakan post test untuk mengukur tingkat serapan materi dari peserta yang dikoordinir Rizki Prayogo Ramadhan, M.Si (HY)


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Live Streming