PT Timah Tbk Setor Pajak dan PNBP Rp 1,196 Triliun pada Semester 1

PT Timah Tbk Setor Pajak dan PNBP Rp 1,196 Triliun pada Semester 1
Neraca perdagangan PT Timah Tbk.  
Penulis
|
Editor

Jakarta, News Analisa – PT Timah Tbk pada paruh pertama tahun 2022 menyetorkan kontribusi pajak dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp1,196 Triliun kepada Negara. Melejitnya setoran Pajak dan PNBP PT Timah Tbk didorong oleh tingginya harga komoditas timah pada semester satu tahun 2022 dengan rerata harga  41.110 USD/Mton, Jumat (16/9/2022).

Jumlah setoran pajak ini meningkat sekitar 400 persen dari periode yang sama tahun 2021 yakni Rp234,6 miliar. Hal ini disampaikan Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, Abdullah Umar, Senin (12/09) di Kantor pusat Pangkalpinang-Bangka Belitung.

Baca Juga:  PUSDA Apresiasi Penegakan Syariat di Banda Aceh

Peningkatan kontribusi pajak dan PNBP dari PT Timah Tbk lantaran peningkatkan jumlah pajak PPH Badan. Dimana semester 1 tahun 2022, PT Timah Tbk berhasil membukukan laba sebesar Rp1.082 miliar.

Selain itu, PT Timah Tbk tahun ini juga membagikan deviden kepada pemegang saham  sebesar Rp 455 miliar atau 35 persen dari keuntungan perusahaan.

Perbaikan tata kelola industri timah juga memengaruhi peningkatan pajak, PT Timah Tbk melalui pola kemitraan merangkul masyarakat untuk menambang di wilayah konsesi perusahaan, sehingga masyarakat penambang yang bermitra dengan PT Timah Tbk juga melaksanakan kewajiban perpajakannya.

Baca Juga:  Presiden Lepas Ekspor Pertanian ke 61 Negara secara Virtual

“Kontribusi pajak dan PNBP PT Timah Tbk semester satu tahun 2022 mencapai Rp1,196 Triliun. Membaiknya performa kinerja perusahaan tentunya selaras dengan kontribusi perusahaan kepada negara,” kata Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, Abdullah Umar.

Abdullah mengatakan, pihaknya optimis setoran pajak dan PNBP kepada negara akan terus naik hingga tutup buku tahun 2022. Meski tak dipungikirinya harga komoditas timah  kurang menggembirakan di paruh ke dua tahun ini.

Baca Juga:  Gubernur Ingatkan Pentingnya Kebersihan Pelabuhan Uleelhue

“Manajemen perseroan berupaya untuk meningkatkan kinerja sehingga bisa memberikan kontribusi kepada negara, pemegang saham dan masyarakat,” ucap Abdullah.

Selain memberikan kontribusi kepada negara, PT Timah Tbk secara konsisten melaksanakan program CSR bagi masyarakat di wilayah operasional perusahaan untuk mendukung pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.***


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar