Permainan Tabung Angka dapat Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini

Permainan Tabung Angka dapat Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini
Rahimi. S,Pd Guru TK Amanah Gampong Pulo Ie Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya  
Penulis
|
Editor

Nagan Raya, News Analisa – Pendidikan anak usia dini memiliki peranan penting dalam mewujudkan Pendidikan bagi anak yang bermutu dan berkualitas. Pendidikan anak sangat berguna bagi kehidupan mereka dimasa depan karena dapat dijadikan sebagai cermin untuk melihat keberhasilan anak dimasa mendatang.

Anak usia dini memiliki karakter yang khas baik secara fisik maupun mental.

Strategi dan metode pembelajaran diterapkan pada anak usia dini perlu disesuaikan dengan karakteristik yang dimiliki oleh anak. Metode yang diterapkan seorang pendidik kepada anak akan mempengaruhi terhadap keberhasilan proses pengajaran, pengunaan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakter anak akan dapat memfasilitasi perkembangan anak secara optimal dan membantu menumbuhkan sikap dan perilaku positif pada anak.

Baca Juga:  RUPS Tahun Buku 2022, Bank Aceh Setor Dividen 295 Miliar

Pendidik perlu menguasai konsep-konsep matematik sederhana yang sesuai untuk anak usia dini, berbagai notasi matematis sederhana dan cara pengenalanya perlu dipahami agar dapat melatih anak berhitung dan mengunakan fungsi matematis lainya.

Menurut (Piaget Suyanto, 2005) pengenalan matematika sebaiknya dilakukan melalui pengunaan benda-benda kongkrit dan pembiasaan.

Permainan tabung angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan sebagai sumber belajar, anak dapat menumbuhkan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan ini. Kegiatan ini dilaksanakan melaui media tabung angka yang disesuikan dengan tema.

Baca Juga:  Pembangunan Asrama Mahasiswa Aceh di Surabaya tak Sesuai Harapan, Gubernur Nova Berang

Anak akan belajar mengenal angka melalui perminan yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan ini.

Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan melalui media alat peraga tabung angka yang disesuaikan dengan tema. Anak akan belajar mengenal angka melalui kegiatan main yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaanya. Anak-anak terlihat senang dalam mengikuti permainan tabung angka,mereka sangat antusias dalam bermain tabung angka.

Baca Juga:  Pj Wali Kota Sabang, FJW Jadi Kekuatan Untuk Promosikan Pariwisata dan Budaya Aceh

Langkah-langkah Permainan Tabung Angka:

Anak mengambil tabung yang sesuai angka yang ada pada papan angka dan memasangkanya sesuai dengan angka pada tabung angka.

Dengan mengunakan permainan tabung angka diharapkan anak dapat berinteraksi dengan teman-temanya dan minat mereka terhadap pembelajaran berhitung permulaan menjadi lebih baik.

Penulis:

Syarifah Rahimi. S,Pd, Guru TK Amanah Gampong Pulo Ie Kecamatan Kuala Kabupaten  Nagan Raya


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar