Peringati Harkannas ke 8, DKP Aceh Gelar Lomba Adu Masak Ibu Hebat

Peringati Harkannas ke 8, DKP Aceh Gelar Lomba Adu Masak Ibu Hebat
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Aliman, S.Pi,M.Si membuka kegiatan lomba adu memasak ibu hebat, di Rumah Ikan Higienis Gano Lamdingi, pada  hari Kamis (25/11/2021).  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, News Analisa – Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke 8, Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, melalui gerakan masyarakat makan ikan menyelenggarakan lomba adu memasak ibu hebat. Kegiatan Harkannas tersebut sekaligus penutupan serangkai kegiatan  puncak yang diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia berlangsung, di Rumah Ikan Higienis Gano Lamdingi, pada  hari Kamis (25/11/2021).

Pembukaan kegiatan lomba adu memasak ibu hebat pada peringatan Harkannas ke 8, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman, S.Pi, M.Si. Dalam sambutan pembukaan Kadis DKP menyebutkan, kegiatan lomba memasak ibu hebat untuk memberikan edukasi akan pentingnya mengkonsumsi ikan segar.

Baca Juga:  Pengamat Ekonomi, APBA Aceh Dihabiskan dengan Kejar Tayang

“Ikan segar memiliki beragam sumber protein untuk pertumbuhan bila dibandingkan produk hewani lainnya. Salah satunya mencegah stunting pada anak dengan pemenuhan gizi yang mencukupi dengan gemar makan segar,” kata Aliman.

Selain itu, lanjutnya kegiatan ini juga bagian dari edukasi dalam mengkapanyekan gerakan gemari makan ikan segar bagi masyarakat Aceh dalam rangka memenuhi kebutuhan protein hewan dan gizi untuk anak-anak.

Aliman juga menambahkan, angka konsumsi ikan untuk Provinsi Aceh tercatat terus mengalami peningkatan, dimana angka konsumsi ikan mencapai 63,33 kg/kapaital/pertahun. Dengan angka kenaikan sebesar 59,9kg/capital/tahun pada tahun 2020.

Baca Juga:  PLN Siap Wujudkan Green Industry Cluster di Kawasan Iskandar Muda Industial Estate

Selain itu tambah, upaya-upaya peningkatan konsumsi ikan untuk masyarakat terus dikampanyekan oleh kemneterian kelautan dan perikanan melalui kempanye gemari sehingga masyarakat dapat mengetahui pentingnya mengkonsumsi ikan.

Lebih lanjut, dengan adanya pengetahuan mengenai protein dan gizi yang terkadung dalam ikan segar, akan menumpuhkan semangat kreatifitas  dalam mengolah hasil-hasil perikanan untuk menumbuhkan minat membuka usaha pengolahan sebagai penggerakan kegiatan ekonomi rumah tangga, serta memperkenal berbagai aneka ragam produk-produk kuliner Aceh yang bersumber dari hasil perikanan. demikian ungkapnya.(*)

Baca Juga:  Wakili Pj Bupati, Sekda Aceh Besar Monitoring PSU di TPS 1 Gampong Teubaluy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar