- 20 Oktober 2020

Pelatihan E-learning Guru Matematika SMK Kota Langsa

Pelatihan E-learning Guru Matematika SMK Kota Langsa
  www.newsanalisa.com
Penulis
|
Editor
Oleh Fitra Muliani (Akademisi Unsam Langsa)

Dalam proses pembelajaran, Sistem Pendidikan baik ditingkat dasar maupun perguruan tinggi sudah menerapkan metode dan strategi dengan teknologi yang serba canggih, sehingga kita dituntut untuk bisa survive dalam persaingan, baik ditingkat nasional maupun global. Saat kita sedang belajar untuk bisa beradaptasi dalam era teknologi yang semakin canggih, kini Indonesia bahkan dunia sedang mengalami masa sulit dalam berinteraksi untuk bisa melakukan aktifitas baik dari sektor pendidikan maupun sektor lainnya.

Hal tersebut dikarenakan keadaan yang sedang kita rasakan saat ini, yaitu sedang terjadinya pandemi wabah virus covid-19 yang merebah diseluruh dunia. Meskipun sedang dalam masa pandemi, pendidikan di Indonesia tetap harus berjalan, meskipun tidak dilakukan secara langsung atau face to faceoleh pendidik dan peserta didik.

Hal tersebut juga atas kebijakan pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk mencegah penyebaran virus covid-19 agar memberdayakan belajar, bekerja dan beribadah dirumah, kalaupun keadaan yang memang harus dilakukan di luar rumah, masyarakat juga dihimbau agar melaksanakan sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Dilansir dari berbagai media, proses belajar mengajar dilakukan dirumah selama dua pekan, terhitung mulai 16 Februari sampai dengan 30 Maret 2020. Kebijakan tersebut tentu mengejutkan banyak kalangan, baik kalangan orang tua, peserta didik, maupun pendidik itu sendiri. dampak ini sangat dirasakan oleh pendidik yang biasanya mengajar secara langsung, namun dikarenakan kondisi seperti saat ini harus mengkondisikan sistem belajar jarak jauh.

Keadaan semakin darurat, perkembangan serta penyebaran wabah covid 19 semakin pesat dari hari kehari, sehingga membuat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat memutuskan untuk memperpanjang status keadaan darurat wabah virus Corona di Indonesia. Keputusan tersebut tertera dalam Surat Keputusan BNPB Nomor 13.A Tahun 2020 yang ditandatangani oleh Kepala BNPB Doni Monardo pada 29 Februari 2020.

Dalam surat keputusan yang beredar pada Selasa (17/3/2020), Kepala BNPB memutuskan: Menetapkan Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia, dimana perpanjangan Status Keadaan Tertentu sebagaimana dimaksud berlaku selama 91 (sembilan puluh satu) hari, terhitung sejak tanggal 29 Februari 2020 sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

Merujuk pada permasalahan diatas, banyak cara yang bisa dilakukan agar proses belajar jarak jauh dapat berjalan dengan baik, misalnya dengan memanfaatkan teknologi yaitu kelas online seperti google classroom, zoom dan lainnya. Namun tidak semua sekolah dapat menerapkan sistem belajar online.

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah seorang ketua MGMP Matematika tingkat SMK di Kota Langsa, mereka hanya bisa memanfaatkan whatsApp sebagai sarana proses belajar mengajar, baik dalam pemberian materi maupun tugas secara terstruktur. namun keadaan saat ini semakin pelik, ditambah lagi dengan keterbatasan whatsApp dalam menshare informasi baik dari segi materi maupun video pembelajaran, keterbatasan ini membuat para guru harus bisa berinovasi pembelajaran online yang lebih luas, misalkan menerapkan pembelajaran dengan menggukan google class room dan zoom.

Aplikasi tersebut memiliki ruang dan tools yang cukup menarik misalkan dalam berbagi materi baik dalam bentuk word, ppt maupun video. selain itu sangat cocok digunakan pada masa sulit seperti saat ini, namun karena keterbatasan kemampuan guru secara umum dalam mengoperasikannya, sehingga masih menjadi kendala dalam penggunaannya.

Berdasarkan analisis situasi yang terjadi saat ini, maka tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terdiri dari para dosen matematika Universitas Samudra (Unsam) Langsa, yaitu Fitra Muliani, Amelia, dan Ulya Nabilla, melakukan pembinaan bagi guru tingkat SMK melalui “Pelatihan E-learning berbasis google classroom dan zoom untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar bagi guru Matematika tingkat SMK Kota Langsa,”.

Pelatihan ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Langsa pada bulan Agustus Tahun 2020, dimana didalamnya juga mengikutsertakan mahasiswa Matematika dan beberapa dosen Matematika untuk membantu kelancaran proses kegiatan PKM tersebut.

Dengan adanya pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu membantu para guru dalam menyelesaikan permasalahan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar jarak jauh, serta menambah wawasan ilmu pengetahuan terkait E-Learning, khususnya dalam memanfaatkan google Clasaroom dan zoom meeting.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar