- 26 Januari 2021

Mahasiswa Aceh Raih Gelar Doktor Bidang Kesehatan Hewan di IPB University

Mahasiswa Aceh Raih Gelar Doktor Bidang Kesehatan Hewan di IPB University
  
Penulis
|
Editor

Bogor, News Analisa – Mahasiswa asal Aceh yang menimba Ilmu di Program Doktor di IPB University kembali meraih Gelar Doktor pada, Selasa 26 Januari 2020 melalui sidang terbuka yang berlangsung secara daring. Faisal Jamin salah seorang Dosen di University Syiah Kuala Banda Aceh (USK) mengambil program studi Ilmu Biomedis Hewan di Kedokteran Hewan IPB telah menyelesaikan Riset mengenai “Karakteristik Molekuler, Virulensi, dan Patogenesis Dermatofitosis pada Kelinci”. Sidang terbuka ujian akhir tersebut di hadirin langsung oleh sejumlah para penguji dan dosen pembimbing.

Dalam materi yang disampaikan Faisal Jamin memaparkan sejumlah hasil risetnya di bidang Kesehatan Hewan, khusus mengenai penyakit Dermatofitosis, hewan model, dan kerugian akibat gangguan kesehatan kulit pada hewan yang berdampak pada kesehatan kulit manusia. Dermatofitosis merupakan penyakit kulit yang zoonosis.

Sidang ujian terbuka ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Kedokteran hewa IPB University, Prof. Drh. Srihadi Agung Priyono, PhD bertidak selaku Ketua Sidang Promotor. Prof Dr. Drh. Ekowati Handharyani, M.Si, yang juga menjadi ketua Komisi Promotor, Dr Drh. Sri Estuningsih, M.Si sebagai anggota pembimbing Promotor kedua , dan Dr. Drh. Eko S. Pribadi, MS sebagai anggota Promotor ketiga. Bertindak sebagai Penguji Luar Komisi yaitu Prof. Drh. Agus Setiyono, MS, PhD dan Prof.Dr Drh. Mahdi Abrar, M.Si.

Beberapa keunggulan dalam penelitian ini secara gamblang diulas.  Hasil penelitian ini telah dipubikasikan di forum internasional dan nasional. Penelitian ini merupakan pengembangan metode dalam riset kesehatan, khususnya kesehatan hewan dan ilmu mikologi.

Program Doktor merupakan gelar tertinggi dalam bidang akademik atau gelar akademis adalah gelar yang diberikan kepada lulusan pendidikan akademik bidang studi tertentu dari suatu perguruan tinggi.

Gelar doktor merupakan sebuah pengakuan bahwa seseorang sudah lulus dari level “pendidikan formal” yang paling tinggi. Untuk memperoleh gelar tersebut seorang calon Doktor harus melakukan penelitian yang nantinya akan dipertanggung jawabkan dalam tugas akhirnya. (Red)


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar