- 30 Januari 2022

Korea Utara Luncurkan Telah Uji Coba Rudal Terbesar Sejak 2017

Korea Utara Luncurkan Telah Uji Coba Rudal Terbesar Sejak 2017
Tembakan rudal Korea Utara dalam uji coba keenam di awal 2022. (STR/AFP/KCNA VIA KNS)   
Penulis
|
Editor

Internasional, News Analisa – Korea Utara hari ini meluncurkan uji coba rudal terbesar sejak 2017. Negara pimpinan Kim Jong-un itu melepaskan rudal balistik jarak menengah ke luar angkasa. Uji coba ini adalah yang ketujuh kalinya pada bulan ini.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan melaporkan sebuah proyektil yang diyakini rudal balistik diluncurkan pada pukul 07.52 waktu setempat dari Provinsi Jagang.

Dilansir dari merdeka.com pada Minggu (30/1), Dewan Keamanan Nasional Korsel (NSC) mengatakan uji coba itu tampaknya melibatkan sebuah rudal balistik jarak menengah (IRBM) yang belum pernah diuji coba sejak 2017.

Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno dalam kesempatan terpisah mengatakan uji coba rudal Korut ini diperkirakan mencapai ketinggian 2.000 kilometer dan meluncur selama 30 menit hingga jarak 800 kilometer. IRBM biasanya mempunyai daya jelajah 965-5.632 kilometer. Sementara rudal balistik antarbenua mempunyai daya jangkau lebih dari 5.632 kilometer.

Presiden Korsel Moon Jae-in menyebut uji coba ini kian mendekati upaya Korut untuk meluncurkan rudal balistik jarak jauh antarbenua (ICBM).

Moon mengatakan besarnya uji coba rudal Korut ini mengingatkan situasi menegangkan pada 2017 ketika negara tetangganya itu melakukan serangkaian uji coba nuklir dan meluncurkan rudal-rudal terbsar, termasuk yang mampu melintasi Jepang.

Pemimpin Korut Kim Jong-un sudah mengatakan dia tidak lagi terikat dengan moratorium yang mengharuskan Korut menghentikan uji coba senjata nuklir.

Kim bulan ini menyatakan mereka akan melanjutkan uji coba rudal karena Amerika Serikat dan sekutunya tidak menunjukkan tanda-tanda sikap yang bersahabat.

“AS mengecam tindakan ini dan menyerukan Korea Utara untuk menahan diri dari perbuatan yang membahayakan,” kata pernyataan Komando Militer Indo-Pasifik AS setelah uji coba Korut tersebut.(*)


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar