Koleksi Berbagai Jenis Seni Rupa Museum Aceh Dipamerkan

Koleksi Berbagai Jenis Seni Rupa Museum Aceh Dipamerkan
Pameran koleksi Museum Aceh, Senin 3/10/2022.  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, News Analisa – ameran koleksi Museum Aceh yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh melalui UPTD Museum Aceh bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, dipamerkan di Museum Kota Langsa.

Pameran koleksi Museum Aceh tahun 2022 dengan tema Library of our History juga dimeriahkan dengan penampilan lagu kesenian Aceh.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh melalui Kepala Museum Provinsi Aceh, Muda Farsyah S.Sos, Senin (3/10/2022) mengatakan pameran merupakan salah satu dari tugas pokok dan fungsi Museum Aceh untuk memperkenalkan koleksinya sebagai lembaga edukasi di masyarakat.

Museum Aceh sebagai museum daerah Aceh telah berusia 107 tahun dan telah mengoleksi dan merawat 6 ribu lebih koleksi, yang terbagi ke dalam 10 jenis koleksi berupa geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika/heraldika, filologika, keramologika, senirupa dan teknologika.

Baca Juga:  Mahasiswa USK Raih Juara Umum Kejuaraan Panahan Aceh Open 2023

“Kesemua jenis koleksi tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi dari segi historis, budaya dan ilmu pengetahuan,” ujar Muda.

Lanjutnya, melalui pameran keliling ini Museum Aceh ingin mengenalkan 10 jenis koleksi tersebut ke berbagai daerah di Aceh. Sosialisasi Museum Aceh di daerah sangat penting untuk mengenalkan koleksi tersebut kepada masyarakat khususnya kepada kalangan pelajar.

“Diharapkan melalui pameran ini masyarakat lebih kenal dengan Museum Aceh dan melalui koleksi yang dipamerkan akan lebih mengetahui peningggalan sejarah, budaya dan kekayaan intelektual yang dimiliki oleh Aceh sebagai asset penting dalam kemajuan peradaban sebuah bangsa,” ungkapnya.

Baca Juga:  Mendagri Tekankan Program Prioritas PKK di Tahun 2021

Dikatakan, dengan adanya pameran keliling ini akan membuka wawasan tentang betapa pentingnya sebuah museum sebagai lembaga yang menyimpan asset penting, sebagai warisan masa lalu untuk menyampaikan pesan kepada masa kini dan akan datang.

“Semoga pameran ini mampu memberi edukasi kepada semua pihak terutama pengunjung pameran keliling ini dan semoga bermanfaat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Dra Suhartini, MPd, menjelaskan bahwa merupakan suatu kehormatan acara pameran keliling koleksi Museum Aceh dilaksanakan di Museum Kota Langsa.

“Kita harapkan nantinya event ini akan menjadi edukasi bagi para siswa/siswi khususnya dan masyarakat Kota Langsa pada umumnya,” ujar Suhartini.

Melalui kesempatan ini juga mengajak para kepala sekolah di bawah jajaran Dinas kepala Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa bila ada kesempatan ke Kota Banda Aceh dapat berkunjung ke Museum Aceh untuk melihat benda-benda koleksi yang ada di sana.

Baca Juga:  Anies Minta Pj Gubernur Penggantinya Ikuti Kebijakan yang Berlaku

“Kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh dalam hal ini Museum Aceh telah mempercayakan kami sebagai tuan rumah dari kegiatan pameran keliling Koleksi Museum Aceh tahun 2022 ini,” ungkapnya.

Koorlap pameran koleksi Museum yang juga Kabid Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Basri Ananda SE, mengatakan kiranya acara pameran koleksi Museum ini berjalan dengan baik juga sebagai edukasi bagi para pelajar serta masyarakat.***


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Live Streming