- 21 Juli 2021

Kisah Mahasiswa ITB yang Hobi Rebahan, Berhasil Raih Beasiswa di Korea

Kisah Mahasiswa ITB yang Hobi Rebahan, Berhasil Raih Beasiswa di Korea
Gambar Instagram/Kisah Mahasiswa ITB yang Hobi Rebahan, Tapi Berhasil Dapat Beasiswa di Korea   
Penulis
|
Editor

Jakarta, News Analisa – Nama Malikah Najibah, wanita muda lulusan ITB mendadak viral di media sosial, tepatnya di YouTube. Malikah merupakan wanita Teknik Kimia, FTI ITB. Video kelulusannya di 2019 kembali viral karena diunggah oleh sebuah kanal YouTube.

Dalam wisuda kelulusannya itu, rektor membaca kesan mahasiswa dan mahasiswi selama perkuliahan di ITB. Kesan dan pesan Malikah saat itu terpilih untuk dibacakan. Tiba giliran hobinya disebut, sontak semua wisudawan dan tamu undangan tertawa.

“Hobi, singkat nih hobinya, rebahan,” kata rektor ITB membacakan biodata singkat Malikah, dilansir kanal YouTube Mas langgeng.

“Kesan dan prestasi belajar. SD enggak belajar bisa ranking satu, SMP tetap enggak belajar tapi bisa ranking satu, SMA belajar dikit eh ranking satu juga. ITB belajar sampai ubun-ubun mendidih, tetap enggak bisa ranking satu,” lanjutnya.

Malikah pun cukup membuat wisudawan dan para tamu terkesan karena cita-citanya yang mulia yaitu ingin menjadi dosen di ITB, seolah bertolak belakang dengan hobinya itu.

Meski hobi rebahan, rupanya Malikah berprestasi dan lulus dengan predikat cum laude, lho. Malikah kemudian menjadi mahasiswi S2 di Korea Institute of Science and Technology (KIST) dengan beasiswa penuh. Kabar terkini, pada lima minggu lalu ia mantap mendaftar sebagai mahasiswa S3, Bunda.

Ternyata jalan yang ditempuhnya untuk bisa berkuliah di jurusan teknik kimia tidak lah mudah. Kembali ke 2019, di momen wisudanya, cita-cita Malikah untuk bisa masuk ke teknik kimia rupanya datang dari dukungan kedua orang tuanya dan merupakan impiannya sejak kecil. Dalam foto wisudanya di Instagram, Malikah berterima kasih pada orang tuanya telah menuruti keinginannya.

“Aku tau, pertanyaan “Anak perempuannya kuliah dimana?” akan sangat keren jika dijawab “Kedokteran”. Aku tahu, susah untuk menjelaskan apa itu Fakultas Teknologi Industri ke orang-orang awam di sekitar rumah,” tulisnya.

“Terlebih jika muncul celetukan polos seperti “ITB itu yang di Bogor kan ya?”, atau beberapa orang yang beranggapan “Anak gadis kok kuliah di teknik sih?”

Rupanya masuk ke jurusan teknik merupakan impiannya yang telah dibangun sejak SMP. Malikah mengaku impiannya tercipta dari hasil tontonan Laptop si Unyil sepulang sekolah yang selalu menceritakan tentang dunia industri.

Dari cerita masa kecil Malikah yang berprestasi dan cerita orang tuanya dalam membebaskan anak mengikuti minatnya, menarik untuk dibahas ya, Bunda? Teruntuk para orang tua, kata psikolog memang penting untuk mengetahui minat dan bakat anak.(*)


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar