Jokowi Minta Warga dan Pejabat Tahan Diri Tak Pergi ke Luar Negeri

Jokowi Minta Warga dan Pejabat Tahan Diri Tak Pergi ke Luar Negeri
Presiden Jokowi (Doc:Istimewa)   
Penulis
|
Editor

Jakarta, News Analisa – Pemerintah mengumumkan masuknya virus Corona varian Omricon ke Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta warga dan pejabat negara menahan diri tak ke luar negeri.

“Saya minta seluruh warga maupun pejabat negara untuk menahan diri tidak bepergian ke luar negeri. Paling tidak sampai situasi mereda,” kata Jokowi di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/12/2021).

Terhadap kasus yang sudah diketahui varian Omicron, Jokowi meminta pemerintah daerah melakukan pelacakan. Utamanya terhadap kontak erat.

Baca Juga:  Bank Aceh Kembali Gelar ‘Bank Aceh Saweu Syedara’ di Mesjid Tuha Kabupaten Pidie

“Untuk pemerintah daerah, saya minta agar testing dang testing kontak erat ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin sebelumnya melaporkan lima kasus probable COVID-19 varian Omicron. Kemenkes masih melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kasus COVID-19 tersebut.

“Di luar pasien yang sudah terkonfirmasi positif ini, kementerian kesehatan juga mendeteksi 5 kasus probable Omicron,” kata Budi.

Budi menjelaskan, dua kasus tersebut di antaranya merupakan warga negara Indonesia (WNI). Sedangkan tiga orang lainnya merupakan WN China.

Baca Juga:  HUT Ke 49 : Bank Aceh Gagasan Besar Bagi Perbankan Syariah di Tanah Air

“Kita mendeteksi ada 5 kasus yang probable Omicron. Dua kasus adalah warga negara Indonesia yang baru kembali dari Amerika Serikat, dan Inggris. Kedua warga negara Indonesia ini sekarang sedang diisolasi di Wisma Atlet, tiga kasus probable lainnya adalah warga negara asing dari Tiongkok yang datang ke Manado dan sekarang sedang diisolasi di karantina Manado,” ujar Budi.(*)

Sumber:detik.com


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Live Streming