- 20 Februari 2022

Inggris, Invasi Rusia ke Ukraina Sangat Dekat

Inggris, Invasi Rusia ke Ukraina Sangat Dekat
AS kirim bantuan amunisi perang untuk Ukraina. ©U.S. Air Force photo/Roland Balik/Handout via REUTERS  
Penulis
|
Editor

Internasional, News Analisa – Invasi Rusia ke Ukraina saat ini terlihat “jauh lebih mungkin daripada tidak” dan semua tanda menyatakan serangan itu “sangat, sangat dekat”, kata Menteri Luar Negeri Inggris untuk Eropa, James Cleverly pada Minggu.

“Sayangnya, saat ini, sebuah serangan, sebuah invasi tampaknya jauh lebih mungkin daripada tidak tapi kita akan terus bekerja untuk berupaya mencegah itu,” jelasnya, seperti diberitakan Reuters, pada Minggu (20/2/2022).

“Segala yang kami lihat mengindikasikan bahwa invasi sangat, sangat, sangat mungkin, dan sangat, sangat dekat,” lanjutnya.

Keyakinan yang sama terkait kemungkinan besar Rusia akan segera menyerang Ukraina dilontarkan Presiden AS Joe Biden pada Jumat malam. Biden mengatakan dia “yakin” Presiden Rusia Vladimir Putin telah memutuskan untuk menginvasi Ukraina, memperingatkan bahwa serangan itu bisa terjadi dalam beberapa hari mendatang.

Biden mengatakan pasukan Rusia “saat ini telah mengepung Ukraina” dan Washington yakin Moskow akan menargetkan ibu kota Ukraina, Kyiv.

“Kami punya alasan untuk percaya bahwa pasukan Rusia sedang berencana dan bermaksud menyerang Ukraina pekan mendatang, dalam beberapa hari ke depan,” jelasnya kepada wartawan di Gedung Putih, dikutip dari Al Jazeera.

“Sampai saat ini, saya yakin dia (Putin) telah membuat keputusan.”

“AS dan sekutu kami bersiap untuk mempertahankan setiap inci kawasan NATO dari ancaman apapun demi keamanan bersama kita juga,” lanjutnya.

Kremlin telah membantah tidak ada rencana untuk menyerang Ukraina, tapi Moskow meminta jaminan keamanan dari Barat agar membiarkan Ukraina dan negara bekas Soviet lainnya tidak bergabung dengan aliansi militer NATO, tidak mengerahkan senjata di Ukraina, dan menarik kembali pasukan NATO dari Eropa Timur.

Sumber: merdeka.com


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Berita Terkini