- 6 Juni 2021

GETAR Minta Gubernur Aceh Usut Keterlibatan Sekda Aceh Dalam Penyuludupan Anggaran APBA

GETAR Minta Gubernur Aceh Usut Keterlibatan Sekda Aceh Dalam Penyuludupan Anggaran  APBA
  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, News Analisa – Sekretaris Jenderal Gerakan Titipan Rakyat (GETAR) Aceh, Teuku Izin, meminta kepada Gubernur Nova Iriansyah untuk melakukan pengusutan terhadap Sekda Aceh Taqwallah, yang patut diduga terlibat dalam praktik penyelundupan anggaran pada APBA 2021.

Hal tersebut disampaikannya, melalui keterangan tertulis kepada Media News Analisa, Minggu 6 Juni 2021.

Teuku Izin menuturkan, Sekda Aceh selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA), tentu telah memahami proses penyusunan anggaran. dan terlibat secara aktif untuk menentukan APBA 2021, dalam kapasitasnya sebagai ketua tim.

Penyelundupan sejumlah kegiatan dalam APBA 2021, berkode AP atau Appendix, adalah praktek curang untuk memperkaya diri sendiri, dan hal tersebut tidak sejalan dengan visi Gubernur Aceh Nova Iriansyah untuk membentuk pemerintahan yang transparan, bersih dan akuntable dari pada praktek korupsi.

Miliaran kegiatan berkode AP, yang diselundupkan melalui kegiatan dan dititip di sejumlah SKPA, dilakukan tanpa mekanisme dan pembahasa, baik di DPR Aceh, dan sama sekali tidak di ketahui oleh Gubernur Aceh selaku pimpinan.

Bahwa kemudian, belakangan Gubernur Aceh mengetahui hal tersebut, dan kemudian memerintahkan Kepal Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) untuk membatalkan pelelangan kegiatan yang diselundupkan tersebut, keterlibatan Sekda Aceh sebagai Ketua Tim TAPA tetap harus diselidiki.

GeTAR Aceh berkeyakinan, Sekda mengetahui hal tersebut, dan menjadi aneh kemudian tidak melaporkannya kepada Gubernur Aceh. Sikap Sekda yang seperti itu, tentu memiliki indikasi dan motif tertentu.

GeTAR Aceh juga meminta kepada Gubernur Aceh untuk melakukan evaluasi terhadap kedudukan dr Taqwallah selaku Sekda Aceh. Sebab, upaya penyelundupan anggaran ini, sebagai bentuk pengkhianatan. dan tidak dapat di tolerir. (*)


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar