- 29 Oktober 2020

GEMA Aceh Berikan Apresiasi dan Dukungan Kepada Siswa Peraih Medali

GEMA Aceh Berikan Apresiasi dan Dukungan Kepada Siswa Peraih Medali
Ketua GEMA Aceh Hadi Saputra (Foto/ News Analisa)  1st
Penulis
|
Editor

Banda Aceh – Pemberlakuan program Aceh Carong untuk Setiap sekolah di Aceh, bertujuan untuk peningkatan prestasi, perbaikan fasilitas pendidikan, kualitas guru, peningkatan sistem dan peningkatan prestasi di bidang pendidikan.

semua pihak harus mendukung program Aceh Carong, karena ini merupakan program Pemerintah Aceh. Bertujuan untuk menghasilkan anak Aceh yang memiliki daya saing. Sehingga mampu mengukir prestasi yang membanggakan, baik di tingkat regional maupun nasional dan bahkan internasional.

Baru-Baru ini Prestasi gemilang kembali dipersembahkan oleh siswi-siswi dari SMAN 1 Takengon, Kabupaten Aceh Tengah pada kompetisi Macau Innovation and Invention Expo (MIIEX) 2020 pada bidang Algoritma Scientist.

Tidak mudah, pada kompetisi itu para duta serambi mekkah berhasil mengungguli perwakilan pelajar dan mahasiswa dari 160 negara di dunia.

Kedua siswi Aceh yang berasal dari dataran tinggi gayo tersebut yaitu Oka Hasana Agustiani dan Rafachinka Renjani R.

Adapun judul penelitiannya adalah “GUKOP (Liquid Sugar from Coffee’s Cherry Mucilage) As an Alternative to Prevent Diabetes atau “GUKOP (Gula Kopi) berbahan dasar daging buah kopi sebagai pencegah diabetes.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs H Rachmat Fitri HD, MPA didampingi Kepala UPTD Balai Tekkomdik, T. Fariyal, MM, Selasa (27/10/2020) mengungkapkan rasa haru dan bangganya atas torehan prestasi siswi-siswi Aceh di tingkat Internasional. Dia berharap prestasi ini bisa menjadi contoh dan motivasi bagi siswa yang lain.

“Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Inilah hasil dari ikhtiar kita bersama untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing sesuai visi dan misi Pemerintah Aceh yaitu Aceh Carong,” ungkap Kadisdik penuh haru.

Prestasi yang lahir ini, lanjutnya merupakan buah dari ikhtiar para guru dan kepala sekolah yang konsisten melatih dan membina siswi agar berkompeten sesuai bakat dan keahliannya.

Peran kepala sekolah dan guru sangatlah penting dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

Kadisdik Aceh mengharapkan dengan adanya pelajar Aceh yang meraih prestasi di tingkat internasional, maka akan menjadi motivasi bagi pelajar lainnya untuk mengukir prestasi.

“Semoga ini menjadi pembangkit semangat bagi pelajar Aceh lainnya. Kita telah menjuarai berbagai kompetisi, ini harus menjadi pemicu bagi sekolah-sekolah lain di Aceh,” tuturnya.

Kadisdik Aceh mengajak para kepala sekolah dan guru untuk terus membina dan melatih siswa agar dapat mengembangkan bakat dan minatnya.

Dengan begitu, katanya, maka target kelulusan siswa pada 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia dapat terwujud di 2021.

“Kita harus bekerja keras secara bersama-sama untuk meluluskan para siswa di Aceh ke PTN terbaik. Mudah-mudahan Allah meridhai semua hajat dan cita-cita kita semua,” imbuhnya.

“Kompetisi ini diikuti oleh 160 negara di dunia dari semua tingkatan mulai dari pelajar, mahasiswa hingga akademisi. Sebuah kebanggaan bagi Indonesia, khususnya Aceh berhasil menjuarai kompetisi ini,” imbuhnya.

Ketua GEMA ACEH Hadi saputra Memberikan Apresiasi dan Dukungan nya Kepada Kadisdik Aceh dan Siswa-Siswi peraih medali serta Para guru yang telah mendampingi siswa siswi Aceh dalam mengikuti kompetisi tersebut, ini merupakan keberhasilan dari program Aceh Caroeng.’’ tambahnya.

Hadi juga berharap kedepannya Program Aceh Carong haruslah dapat melahirkan siswa-siswi yang memiliki kualifikasi terbaik lahir batin, berkarakter, memiliki mental juang tinggi dan ber-akhlaqul karimah.

Selain penguatan bersifat soft skill, program Aceh Carong juga harus dapat mencetak siswa-siswi yang memiliki keahlian dan keterampilan, baik keterampilan di bidang umum maupun bidang khusus.

“Kita juga mengharapkan kepada Siswa siswi tersebut untuk dapat terus mengembangkan potensi yang sudah ada sehingga nanti bisa menjadi penelitian yang hebat untuk tingkat Internasional dan Insyallah kita bisa meraih hal tersebut,”tutupnya.(Red)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar