Gandeng 22 Perguruan Tinggi Se-Aceh dan Sumut, PTE UIN Ar Raniry Gelar Pengabdian Masyarakat

Gandeng 22 Perguruan Tinggi Se-Aceh dan Sumut, PTE UIN Ar Raniry Gelar Pengabdian Masyarakat
  News Analisa
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, News Analisa – Prodi Pendidikan Elektro UIN Ar Raniry terus menjalin kerjasama dengan melibatkan 22 perguruan tinggi se Aceh, termasuk perguruan tinggi Sumatera Utara berkolaborasi mengadakan pengabdian Masyarakat sebagai upaya menunaikan tugas Tridarma di perguruan tinggi. Pelaksanaan pengabdian masyarakat kali ini diadakan di Desa Kajhu Kec Baitussalam, Aceh Besar, pada Kamis tanggal (30/06/2022).

Hal itu sebagaimana di sampaikan Dr. Husnizar MA selaku Ketua  program studi Pendidikan Teknik Elektro UIN Ar-Raniry yang mengatakan bahwa tugas pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu elemen penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain tugas dari pendidikan dan penelitian.

‘Wacana Pengabdian Kolaborasi yang digagas merupakan sebuah kesepakatan bersama antar Perguruan Tinggi se-Aceh dan Sumatera Utara  untuk terus konsen berkontribusi dalam mengedukasi  masyarakat,  baik itu dibidang teknik, kesehatan, ekonomi, pendidikan dan lain lainnya.

Program-program yang dilaksanakan merupakan kesesuaian dengan era 4.0 saat ini, dimana masyarakat perlu diberikan pemahaman lebih tentang teknologi Informasi secara global, dan masyarakat juga harus mampu mengahdapi globalisasi seperti saat ini, termasuk juga penyesuaian terhadap pengetahuan elekktronik, listrik, stanting dan sebagainya”cetus Dr. Husnizar. Disebutkan bahwa:

Baca Juga:  FKH USK Laksanakan Pengabdian di Kuta Cot Glie Aceh Besar

“kegiatan pengabdian ini sangat penting yang dilaksanakan dan digagas pada setiap semester. Pihak Kami akan terus memberi dukungan penuh  kepada dosen untuk terus dapat berkolaborasi dan mengedukasi masyarakat serta membangun kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kehidupan keluarga yang sehat serta pemberdayaan ekonomi kreatif dan produktif untuk keluarga, juga untuk menjaga dan menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, baik itu kesehatan lingkungan maupun kesehatan dalam keluarga.” ujarnya.

Di tambahkan, ada beberapa tema penting yang disampaikan pada kegiatan pengabdian masyarakat hari ini meliputi:

1.Penggunaan Listrik Yang Efektif dan Aman bagi anak Di presentasikan oleh Muhammad Rizal Fachri, MT dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh

2.Cerdas dalam penggunaan obat kimia dan tradicional  Pembicara oleh Ria Ceriana, M.Si dari Akademi Farmasi YPPM Mandiri Banda Aceh

3.Pengenalan Penggunaan aplikasi Informasi Gampong berbasis web pada aparat gampong Nazaruddin Ahmad, M.T dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Baca Juga:  The Light of Aceh Kembali Bersinar di Bali

4.Pencegahan Stunting” Riswan Z, S.Sos., M.Si dari STISIP AL WASHLIYAH Banda Aceh

5.Pemberdayaan Ekonomi Kreatif & Produktif Untuk Keluarga”. Sisca Mediyanti, SE., M.Si  dari STIES Banda Aceh.

6.Pendampingan orang tua pada anak USIA dini di era Z” Rani Puspa Juwita,M.Pd dari Uin Ar-Raniry Banda Aceh

7.Digital footprint : Waspadai Rekam jejak digital di internet Fathiah, M. Eng dari UIN ar-raniry Banda Aceh

8.Pemanfaatan Digital Branding dan Digitak Marketing untuk Hasilkan cuan dari dapur rumah tangga Zulaida Rahmi, S.Kom., MSc dari Universitas Islam Kebangsaan Indonesia.

Kolaborasi PKM ini melibatkan 22 Kampus, dua diantarnya berasal dari Sumatera Utara, yaitu Universitas Islam Negeri Medan dan Universitas Negeri Medan serta 20 lainnya merupakan perguruan tinggi yang ada di aceh, Yaitu Universitas Syiah Kuala , Universitas Islam negeri Ar-raniry Banda Aceh, STIES Banda Aceh, Universitas Ubudiyah Indonesia, STKIP AL Wasliyah, STSIP Al Wasliyah, Universitas Abulyatama Aceh, ATRO Banda Aceh, APIKES Sihat Beurata, Poltekkes Kemenkes Aceh, Akademi Farmasi YPPM Mandiri Banda Aceh,Universitas Iskandar Muda, Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia, Institut Agama Islam Negeri Langsa, Universitas Serambi Mekkah, Universitas Sains Cut Nyak Dhien, Universitas Malikussaleh, Akademi Kesehatan Gigi Ditkesad dan Universitas Terbuka.

Baca Juga:  Rumah Amal USK, Kerjasama dengan P2EMD Salurkan Modal Usaha Pengolahan Kerupuk Kulit

Persiapan PKM ini berlangsung selama hampir 2 bulan mulai dari 02 mei 2022 yaitu dimulai dari proses penggalangan dana, technical meeting, penyediaan sembako dan keperluan PKM lainnya dan pada Hari Kamis ( 30 Juni 2022) merupakan puncak acara.

Disampaikan bahwa dalam kegiatan pengadian masyarakat tersebut melibatkan 126 orang dosen yang ikut berkontribusi dalam penggalangan dana, namun Pada saat acara berlangsung, perwakilan dari kampus tersebut datang ke lokasi pengabdian.

Peserta lainnya adalah 86 masyarakat Gampong Kajhu yang menjadi tamu udangan kegiatan , serta hadir pula 8 orang mahasiswa perwakilan dari 4 Universitas, yaitu UIN ar-Raniry, Universitas Ubudiyah Indonesia, STISIP Al-washliyah dan STIES Banda Aceh.***


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar