- 2 November 2021

FKH Unsyiah Bersama WWF Gelar Simulasi Teknik Penanganan Mamalia Laut Terdampar

FKH Unsyiah Bersama WWF Gelar Simulasi Teknik Penanganan Mamalia Laut Terdampar
Mahasiwa Fakultas Kedokteran Hewan USK kerjsama WWF Indonesia mengikuti pelatihan Simulasi penangan mamalia laut terdampar. Selasa 2/11/2021.   
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, News Analisa – Fakultas Kedokteran Hewan USK dan WWF Indonesia mengadakan simulasi proses penanganan mamalia laut yang terdampar. Simulasi tersebut untuk memberikan pemahaman kepada para Mahasiswa, Dokter Hewan dan masyarakat umum dalam menangani mamalia laut bila suatu saat terjadi. Pelatihan tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Grand Permata Hati, Banda Aceh (2/11/2021)

Dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya 10 ekor Paus jenis Sperma (Physeter macrocephalus) terdampar di perairan Aceh Besar tahun 2017. Terbaru, tahun ini 1 jenis Paus (Baleen) juga terdampar di pantai Ujung Pancu.

Untuk menyelamatkan mamalia yang dilindungi tersebut, tidaklah mudah, membutuhkan keahlian dan mekanisme yang terukur untuk proses evakuasi hewan laut yang terdampar ke pantai.

Namun minimnya keahlian yang dimiliki para penanggap pertama di Aceh sehingga penanganan dirasa belum optimal, hingga menyebabkan kematian. Faktanya, jumlah mamalia laut yang terdampar/sakit setiap tahunnya semakin bertambah. Sementara tenaga berkompeten terlatih untuk menangananinya tidak banyak.

Pelatihan penanganan mamalia laut tersebut, ditujukan untuk para First Responder, para Dokter Hewan, kalangan mahasiswa (FKH) dan pihak terkait,

Sementara pihak NGO WWF, dalam kegiatan tersebut menyerahan bantuan secara simbolis, sebagai bentuk dukungan WWF Indonesia kepada IAM Flying Vet perwakilan komisariat Aceh dalam mendukung upaya penyelamatan satwa mamalia laut terdampar di persisir Aceh.

Hari kedua, para relawan dilatih simulasi langsung kelapangan mengenai proses penangganan langsung mamalia terdampar yang berlokasi di pantai Ulee Lhee Banda Aceh. ***


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar