Banda Aceh – Dalam upaya mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS), buku karya Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 14 Kota Banda Aceh bersama dua orang siswinya telah diterbitkan dan memiliki International Standart Book Number (ISBN) serta terdaftar di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Buku karya Kepala SMP Negeri 14 Banda Aceh, Famillia Elsa SKH MPd bersama dua orang siswinya Najwa Rizqi Amanda dan Zaenika Anggraini berjudul Kerlap Kejora di Negeri 14 diluncurkan pada Kamis (04/03/2021).

Baca Juga:  Wakil Ketua TP PKK Aceh Ingatkan Semua Pihak Lebih Waspada Terhadap Covid-19

Kepala SMP Negeri 14 Banda Aceh, Famillia Elsa mengatakan, selama ini pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggalakkan gerakan literasi sekolah diseluruh 34 propinsi di Indonesia.

“SMP 14 Banda Aceh mencoba ambil bagian dalam gerakan literasi itu dengan membudayakan membaca dan menulis baik untuk guru maupun bagi siswa,” kata Elsa.

Dikatakannya, budaya membaca dan menulis ini sangat penting untuk peningkatan kualitas pendidikan di Propinsi Aceh khususnya di Kota Banda Aceh. Potensi guru dan siswa untuk menulis perlu perhatian khusus bagi Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh.

Baca Juga:  Penyerapan Anggaran APBA Tahun 2021 Berjalan Normal

“Beberapa organisasi profesi guru seperti Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan yang konsen dalam gerakan literasi seperti Ikatan Guru Indonesia (IGI) harus mendapat dukungan dan kerjasama dari Pemerintah Kota Banda Aceh,” ucap mantan guru berprestasi tingkat nasional ini.

Dijelaskannya, buku karya kepala sekolah dan siswi SMP Negeri 14 Banda Aceh yang telah diterbitkan ini sebagai bukti bahwa guru dan siswa memiliki potensi untuk menulis walaupun perlu adanya perbaikan dan bimbingan secara berkesinambungan.

Baca Juga:  Pemerintah Aceh Targetkan MCP 2021 Pada Level 80,15 Persen

Kita sangat mendukung bagi guru dan siswa memotivasi untuk menulis buku atau artikel dengan mengikuti pelatihan-pelatihan dalam upaya peningkatan budaya literasi, pungkas Elsa, (Red).

Sumber: acehsiana.com