www.newsanalisa.com - March 27, 2021

Bupati Aceh Selatan Resmikan Rumah Singgah Yayasan Syahira Nayla Suni di Banda Aceh

Bupati Aceh Selatan Resmikan Rumah Singgah Yayasan Syahira Nayla Suni di Banda Aceh
Bupati Aceh Selatan Resmikan Rumah Singgah, Senin, 29/03/2021. (Doc:Istimewa/News Analisa)  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh – Bupati Aceh Selatan Tgk Amran meresmikan Yayasan Syahira Nayla Suni (SNS) yang terletak di Jalan T Panglima Nyak Makam, Lambhuk, Ulee Kareng, Banda Aceh. Sabtu, 27/3/2021).

Turut mendampingi Bupati Aceh Selatan dalam peresmian tersebut, Pendiri Yayasan H Jamai Suni, Kepala Dinas Sosial Kota Banda Aceh M Hidayat, Anggota DPRA Ali Basrah dan Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh Jasman J. Ma’ruf serta disaksikan segenap pengurus Yayasan, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, H Jamai Suni mengatakan sangat bahagia dengan diresmikannya Yayasan Syahira Nayla Suni ini yang juga sebagai rumah singgah atau tempat tinggal sementara bagi pasien kurang mampu dari Kabupaten/Kota yang sedang menjalani pengobatan di Kota Banda Aceh.

H Jamai mengisahkan pembangunan Yayasan yang juga sebagai rumah singgah ini berawal dari perjalanan dirinya yang prihatin dan ingin membantu masyarakat dari daerah-daerah di Kabupaten/Kota se-Aceh saat dirujuk ke Rumah Sakit Provinsi Aceh.

Banyak masyarakat kita yang kurang mampu dalam mencari penginapan ketika berobat ke Rumah Sakit di Provinsi Aceh, sehingga mereka ada yang tidur di Rumah Sakit bahkan di bawah tangga-tangga, karena saat ini seperti kita ketahui bersama, fasilitas dan tenaga medis di daerah terbatas sehingga banyak pasien harus di rujuk ke Rumah Sakit Provinsi Aceh yang terletak di Kota Banda Aceh. Terangnya.

“Setelah melihat kejadian tersebut hati saya menjadi miris dan saya berusaha membantu mereka dengan dana seadanya, pembangunan berawal dari tahun 2017, mulai dari empat kamar sampai sekarang ini pembangunan terus dilakukan sedikit demi sedikit, seiring berjalannya waktu di tahun 2020 sampai 2021 Alhamdulillah sekarang sudah selesai dengan 17 kamar beserta ada satu mobil untuk antar jemput pasien telah tersedia di Yayasan SNS ini.” Ungkapnya.

Disinggung wartawan saat dikonfirmasi terkait sumber anggarannya, H Jamai mengatakan “Alhamdulillah semuanya saya lakukan dengan dana pribadi dan jumlah berkisar Rp. 3,5 Milyar mulai dari pembelian tanah, proses pembangunan, dan fasilitas serta ada mobil khusus untuk antar jemput pasien ke Rumah Sakit nantinya yang sudah kita peusijuk juga tadi bersama bangunan rumah singgah yang telah kita resmikan.”

Baca Juga:  Kasus Baru Covid-19 Bertambah 284 Orang, Pasien Isolasi Mandiri

Dan Alhamdulillah juga ini semua dapat saya lakukan berkat doa dan dukungan dari orang tua, istri dan seluruh keluarga yang selalu mendukung apa yang saya lakukan ini demi membantu masyarakat kurang mampu. Tambahnya.

H Jamai juga menegaskan bahwasanya tujuan ia dirikan Yayasan SNS ini memang untuk membantu saudara-saudara kita yang berobat ke Banda Aceh dan tidak mampu menyewa penginapan. “Sehingga juga kadang karena keterbatasan kamar kami tidak sanggup menampung semua keluarga pasien, meski begitu selalu ada solusi dalam keadaan tertentu. Saya berharap mudah – mudahan selalu ada donatur dan relawan-relawan yang membantu untuk ditambahkannya jumlah kamar dan juga fasilitas lainnya yang mungkin masih dirasa kurang disini.”

“Kami juga berharap kepada saudara-saudara dan Pemerintah Provinsi Aceh, Pemko Banda Aceh, Pemkab Aceh Selatan, serta para dermawan baik yang di Aceh maupun diluar Aceh mari kita sama-sama membantu masyarakat. Sebab dengan adanya rumah singgah ini secara tidak langsung telah membantu mengurangi beban masyarakat kurang mampu yang menjalani pengobatan di Ibu Kota Provinsi.” Tutup H Jamai.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial Kota Banda Aceh M Hidayat atas nama Wali Kota Banda Aceh mengapresiasi H Jamai Suni atas inisiatif pembangunan rumah singgah ini. Kita juga sudah memiliki rumah singgah di Lamjabat, namun diperuntukkan khusus untuk melakukan pembinaan bagi para pelanggar syariat.

“Tujuan mulia pak Jamai ini juga menjadi bagian dari kerja kami sebagai Kepala Dinas Sosial, dan apabila kedepan pak Jamai ada butuh dukungan juga akan kami bantu fasilitasi dari Dinas Sosial Kota Banda Aceh.” Ujar Hidayat.

Baca Juga:  Teuku Candra Kirana divonis 1 Tahun Penjara, Kuasa Hukum belum Bersikap

Sementara itu Bupati Aceh Selatan Tgk Amran yang dikonfirmasi media ini mengatakan, kami sangat mengapresiasi peresmian Yayasan Syahira Nayla Suni ini, kami juga berharap agar bangunan yang dibangun oleh H Jamai Suni ini bisa dikelola dengan sangat baik terutama untuk dimanfaatkan kepada keluarga ataupun pasien yang berobat rujukan dari rumah sakit daerah.

Ini berlaku bukan hanya untuk satu Kabupaten saja, tapi berlaku untuk seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Aceh, kami juga berpesan agar bisa tetap menjaga kebersihan kepada siapapun nanti yang singgah di Yayasan SNS ini. Ujar Bupati Amran.

“Yayasan Rumah Singgah ini merupakan hasil dari sumbangan H Jamai Suni bersama keluarga sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Aceh, kami dari Pemerintah Aceh Selatan setelah melihat fasilitas di rumah singgah ini, Insya Allah tahun 2022 akan membantu kekurangan fasilitas di rumah singgah ini. Semoga rumah singgah ini bermanfaat bagi keluarga pasien darimanapun nantinya.” pungkas Bupati Aceh Selatan.

Ditempat yang sama Anggota DPRA Ali Basrah mengucapkan selamat dan sukses atas peresmian Yayasan Syahira Nayla Suni ini yang didirikan oleh H Jamal Suni dan sudah diresmikan oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, harapan kami semoga rumah singgah ini bisa membawa manfaat khususnya untuk saudara-saudara kita dari Aceh Selatan dan sekitarnya.

“Kami secara pribadi sangat mendukung pembangunan rumah singgah ini, tetapi mendukung saja tidak cukup, kita juga harus memberikan kontribusi. Kedepan Insya Allah akan kita bantu dari anggaran APBA, karena ini sudah tahun berjalan untuk ke depan di tahun 2022 tentu ini nanti saya akan diskusi dengan H Jamai Suni dan kawan-kawan apa yang kita bisa alokasikan sepanjang itu jadi kewenangan Pemerintah Aceh dan saya merasa terharu serta bangga kalau kawan-kawan kita yang mempunyai kemampuan secara ekonomi bisa memberikan kontribusi secara sosial untuk masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:  Mengail Rupiah dari Tumpukan Sampah

Ia melanjutkan, memang di kondisi situasi Pandemi Covid-19 ini sangat menggangu ekonomi masyarakat kita, apalagi kita ketahui Dinas Kesehatan misalnya fasilitas dan tenaga medis di daerah itu tidak memadai sehingga rumah sakit daerah selalu merujuk ke rumah sakit provinsi, sehingga pasien dan keluarga memerlukan tempat menginap di rumah singgah seperti ini yang tentunya sangat membantu masyarakat dari daerah-daerah.

“Saya juga menghimbau dan mengajak kepada kawan-kawan serta saudara-saudara untuk ikut berkontribusi memperhatikan rumah singgah ini, karena dukungan dari Bupati Aceh Selatan dan Anggota DPRA saja tidak cukup, kita perlu kerjasama bahu membahu dalam membangun dan membantu masyarakat, sehingga kedepan bisa lebih baik lagi tata kelolanya.” Tutup Anggota DPRA Ali Basrah.

Sementara itu ketua panitia kegiatan peresmian Yayasan Syahira Nayla Suni,Hj. Siti Ramazan SE, dikonfirmasi media mengatakan semoga Yayasan ini dapat berkembang lebih baik lagi, karena ini merupakan amal ibadah kalau dilihat dari segi agama, tetapi dari segi sosialnya sangat tinggi faedahnya, karena keluarga pasien yang kurang mampu tentu sangat membutuhkan rumah singgah sebagai tempat menginap saat dirujuk dari daerah ke Rumah Sakit di Kota Banda Aceh.

“Semoga rumah singgah ini dapat berjalan dengan lancar dan banyak dukungan dari luar baik dari Pemerintah Daerah juga dari pengusaha-pengusaha yang ada di Banda Aceh maupun pengusaha-pengusaha Barat Selatan, semoga banyak dermawan-dermawan yang memperhatikan rumah singgah ini, dan tentunya semoga bermanfaat dengan adanya bantuan rumah singgah ini dari H Jamai Suni ini,” pungkas Hj Siti Ramazan SE.(Red)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar

Berita Terkini

Akhiri Perawatan di RSUCM Nova Jalani Perawatan di RSUDZA

Akhiri Perawatan di RSUCM Nova Jalani Perawatan di RSUDZA

Berita   Daerah   Headline   Kesehatan   Trend
Nova Pimpin Rapat Percepatan Realisasi APBA 2021

Nova Pimpin Rapat Percepatan Realisasi APBA 2021

Berita   Daerah   Headline   Kesehatan   Nasional   News   Politik   Trend
Hotman Paris dan Para Artis Kecam Prilaku Satpol PP Aceh yang Usir Anjing Hingga Mati

Hotman Paris dan Para Artis Kecam Prilaku Satpol PP Aceh yang Usir Anjing Hingga Mati

Berita   Daerah   Headline   Nasional   News   Trend   Wisata
Bunuh Anjing Demi Wisata Halal, Dunia Internasional Kecam Aceh

Bunuh Anjing Demi Wisata Halal, Dunia Internasional Kecam Aceh

Berita   Daerah   Headline   Hukum   Lifestyle   Nasional   News   Trend
Ciptakan Lingkungan Sejuk, Dinas DKP Aceh Gelar Gotong Royong dan Tanam Sejumlah Pohon

Ciptakan Lingkungan Sejuk, Dinas DKP Aceh Gelar Gotong Royong dan Tanam Sejumlah Pohon

Berita   Daerah   Headline   Kesehatan   Nasional   News   Trend
H. Irmawan: VUB Badan Litbang Pertanian Kunci Peningkatan Produksi Padi Aceh Besar

H. Irmawan: VUB Badan Litbang Pertanian Kunci Peningkatan Produksi Padi Aceh Besar

Berita   Daerah   Headline   Nasional   News   Trend
Disdik Aceh dan Kemendikbud Ristek Gelar Bimtek E-Pembelajaran Berbasis TV 

Disdik Aceh dan Kemendikbud Ristek Gelar Bimtek E-Pembelajaran Berbasis TV 

Berita   Daerah   Headline   Kesehatan   Nasional   News   Pendidikan   Trend
Perangi Narkoba, Pelajar SMA Ikuti Diklat Konselor Sebaya

Perangi Narkoba, Pelajar SMA Ikuti Diklat Konselor Sebaya

Berita   Daerah   News   Pendidikan   Trend
Menyambut Hut ke 57, Partai Golkar Abdya Bantu Warga Kurang Mampu

Menyambut Hut ke 57, Partai Golkar Abdya Bantu Warga Kurang Mampu

Berita   Daerah   Headline   Nasional   News   Politik
Pemerintah Turki Serius Dalami Pemusnahan Situs Sejarah Gampong Pandee

Pemerintah Turki Serius Dalami Pemusnahan Situs Sejarah Gampong Pandee

Berita   Daerah   Headline   Hukum   Lifestyle   Nasional   News   Trend   Wisata