BPI KPNPA-RI Harapkan Irjen Pol Panca Putra Tuntaskan Laporan Dugaan Kasus Korupsi di SUMUT

BPI KPNPA-RI Harapkan Irjen Pol Panca Putra Tuntaskan Laporan Dugaan Kasus Korupsi di SUMUT
Gambar Ilutrasi Pelaku Korupsi (Foto: Istimewa/News Analisa)  
Penulis
|
Editor

Medan, News Analisa – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) yang baru Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak telah tiba di Provinsi Sumatera Utara. Kehadiran putera asli Batak ini yang pernah tercatat menjadi Penyidik pada Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia diharapkan mampu menuntaskan laporan kasus-kasus yang tidak berjalan alias mangkrak (11/03/2021).

Kepada Media News Analisa, Ketua BPI KPNPA-RI SUMUT, Jonhson Situmorang SH, MH, menyebutkan kedatangan Irjen Pol Panca Putera menjadi harapan baru dalam mengungkap kasus-kasus korupsi yang sudah mangkrak selama bertahun-tahun.

“Selamat datang Kapolda Sumut yang baru, jujur saya sangat bangga dan bersyukur bahwa Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo benar-benar membuktikan Program PRESISI. Beliau sudah dapat memprediksi dan memahami kebutuhan penanganan pencegahan dan pemberantasan tindak Pidana Korupsi, tindak pidana narkoba dan lain-lainyaa yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Utara, dengan menunjuk salah satu Perwira Tinggi terbaik yang dimiliki Kepolisian Republik Indonesia Bapak Irjen Pol Panca Putera Simanjuntak”

Baca Juga:  DPR Aceh Paripurna Raqan Hasil Fasilitasi Kemendagri

Menurut Angling Darma, Irjen Pol Panca Putera Simanjuntak memiliki segudang prestasi dalam menangani dan menuntaskan kasus-kasus tindak pidana korupsi, baik secara OTT, maupun laporan kasus-kasus dugaan korupsi yang mangkrak.

Tuhan sudah membuat kisah ini begitu indah, ketika saya dilantik menjadi Direktur investigasi dan Deputy Intelijen BPI KPNPA-RI saya bertekad target 100 hari kerja, dan membangunkan kembali kasus-kasus TIPIKOR yang mangkrak di seluruh Provinsi maupun ditingkat kabupaten/kota wilayah Indonesia.

Dalam rencana tuhan itu disempurnakan oleh Irjen Pol Panca Putera Simanjuntak yang terkenal selalu menuntaskan kasus-kasus Korupsi yang Mangkrak untuk menjabat Kapoldasu di Provinsi Sumatera Utara” Ungkapnya.

Baca Juga:  Asisten Sekda Aceh Ikut Tanam Bibit Mangrove Bersama KSAD di Gampong Blang

Senada Dengan Dir Investigasi, ketum BPI KPNPA-RI TB Rahmad Sukendar SH, S.sos mengatakan Keputusan Kapolri menunjuk Irjen Pol Panca Putera Simanjuntak dalam pemberantasan Korupsi sudah sangat tepat untuk menjabat Kapolda Sumut.

“Saya sangat mengenal Irjen Pol Panca Putera Simanjuntak. Beliau memiliki gaya kepemimpinan yang kuat, memiliki kecerdasan, kemampuan yang luar biasa dalam menangani dan menuntaskan kasus-kasus korupsi yang tidak berjalan”

Selama menjabat Direktur Penyidikan KPK banyak kasus yang telah diungkap, baik melalui proses pengusutan dan Operası Tangkap Tangan (OTT).

Di antaranya kasus TPPU Tubagus Chairi Wardana yang mangkrak di KPK selama enam tahun. Kemudian perkara kasus korupsi di perusahaan penerbangan pelat merah Garuda Indonesia yang telah empat tahun mangkrak.

Baca Juga:  Di Tengah Anjloknya Mutu Pendidikan Aceh, Kadisdik Jangan Hambur-Hamburkan APBA

Irjen Panca juga berperan dalam penangkapan Eddy Sindoro pelaku penyuapan panitera PN Jakarta Pusat yang sudah menjadi DPO selama dua tahun. Untuk itu BPI KPNPA-RI berkomitmen penuh mendukung kinerja Kapolda Sumut dalam penegakkan hukum dan pemberantasan korupsi di Propinsi Sumatra Utara.

Mayor Purn Jonhson Situmorang SH, MH ketua wilayah Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran RI Propinsi Sumatra Utara, menyampaikan komitmen siap menjalin komunikasi dengan Kapolda dan Jajaran terkait penegakkan hukum berkeadilan dan pencegahan maupun pemberantasan tindak pidana korupsi dan pungli.

Keberadaan BPI KPNPA-RI Sumut yang juga terwakili ada di 12 kabupaten dan kota tentunya siap mendukung program kerja dari Kapolda Sumatra Utara demi terciptanya kondisi Kantibmas yang kondusif. (*)


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar