Ade Elfikar Nelayan Sabang yang Terdampar Berhasil Ditemukan

Ade Elfikar Nelayan Sabang yang Terdampar Berhasil Ditemukan
Gambar Nelayan Sabang Ade Elfikar (Doc: BAKAMLA RI)  
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, News Analisa – Nelayan asal Lhok  Ie Melee Ujung Kareng Kota Sabang Ade Elfikar (40) sebelumnya dinyatakan hilang saat melaut pada minggu (06/06) telah ditemukan oleh pihak Bakamla di Songkla Thailand, Jum’at (18/06/2021)

Ade Elfikar saat ini sudah ditangani langsung oleh pihak Konsulat RI di songkla, hal tersebut berdasarkan surat dikirim oleh pihak Konsullat RI di songkla kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh (DKP) pada Jum’at (18/06/2021) terkait keberadaan Ede Elfikar Nelayan Asal Sabang.

Berdasarkan keterangan dari Ade, pada Minggu (06/06) dirinya bersama rekan-rekan berangkat melaut menggunakan perahu nelayan tradisional. Sekitar 1 jam perjalan rombongan Ade bersama rakan-rakanya diterjang badai, dan rombonganpun terpencar untuk menyelamatkan diri masing-masing.

Baca Juga:  Ribuan Nakes Aceh telah Disuntik Vaksin, Pasien Sembuh Bertambah 8 Orang

Menurut keterangan Ade perahu yang digunakan mengalami kerusakan mesin, (pinton pecah). Hingga pada akhirnya Ade terombang ambing selama 8 hari sejak mengalami kerusakan pada mesin kapalnya. Tanpa disadari kapal miliknya terdampar di Pulau Rahcna Noi, sekitar 26.5 NM selatan Pulau Phuket Thailand.

Perahu Ade Elfikar ditemukan oleh kapal Patroli Perikanan dari BAKAMLA (Sorn Chon) areal 3 kepulaan Andaman dalam keadaan rusak, dan saudara Ade dalam kondisi shock setelah terkatung-katung selama 8 hari.

Baca Juga:  BIN Buka Gerai, Warga Lam Rukam Ikut Vaksinasi Gratis

Selanjut saudara Ade Elfikar (40) dievakuasi kedarat ke Rumah Sakit Wachira Phuket oleh pihak BAKAMLA untuk mendapatkan perawatan medis.

Setalah medapatkan kepastian identitas nelayan tersebut, dan dipastikan Ade Elfikar (40) merupakan warga negara Indonesia asal sabang Aceh Indonesia. Pihak konsulta RI di Phuket Thailand segera menyiapkan langkah-langkah mitigasi untuk saudara Ade dalam menjalani proses karantina dan pemulihan kesehatan di Rumah Sakit Wachira Phuket.

Pihak Kosulta RI juga berupaya menyiapkan tim dalam melakukan koordinasi dengan pihak Inspektur Imigrasi Phuket yang ikut dalam proses identifikasi terbatas dengan pihak Rumah sakit. Dan selanjutnya dilakukan persiapan dukumen-dukumen terkait untuk proses pemulangan kembali ketanah air.

Baca Juga:  Satresnarkoba Polres Nagan Raya kembali Tangkap Pengedar Narkotika

Sementara itu, Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh, Aliman S.Pi M.Si akan segera  melakukan langkah-langkah koordinasi dengan pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sabang terkait keberadaan Ade Elfikar yang telah ditemukan oleh pihak BAKAMLA.

“‘Untuk langkah selanjutnya kita akan melakukan koordinasi dengan pihak Konsulat RI dan pihak Pemko Sabang terkait keberadaaan Saudara Ade Elfikar yang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat, mudah-mudahan segera dapat dipulangkan ketanah air,” demikian terang Kadis Kalautan dan Perikanan Aceh. (*)


 

Bagikan:

Tinggalkan Komentar