- 6 Agustus 2021

KOMHINDO Universitas Syiah Kuala Banda Aceh Gelar Pra Raker

KOMHINDO Universitas Syiah Kuala Banda Aceh Gelar Pra Raker
Gambar tangkapan layar Aplikasi Zoom kegiatan Pra Raker (KOMHINDO) USK Banda Aceh, Kamis (05/08/2021).  www.newsanalisa.com
Penulis
|
Editor

Banda Aceh, News Analisa –  Komunitas Manajemen Hutan Indonesia (KOMHINDO), 0organisasi profesi di Bidang Manajemen Hutan. Saat ini organisasi profesi sangat dibutuhkan oleh dunia akademisi dari berbagai disiplin ilmu, baik peneliti, pegawai, dan praktisi dengan tujuan memenuhi standar profesionalisme tinggi sesuai bidangnya dan tingkat kinerja yang tinggi dengan orientasi kepada kepentingan publik.

KOMHINDO yang beranggotakan para akademisi, peneliti pegawai, dan praktik dari berbagai Institusi di seluruh Indonesia. yang terdiri dari Dewan Pengawas, Dewan Pengarah, Pengurus Harian dan Koordinator Lembaga. KOMHINDO Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh merupakan Koordinator Lembaga dengan anggotanya berasal dari dosen Fakultas Pertanian dan FMIPA USK.

Untuk menjalan program kerja KOMHINDO USK Banda Aceh, melaksanakan pra raker, hal tersebut berdasarkan mandat dari KOMHINDO Pusat kepada Koordinator KOMHINDO USKBanda Aceh sebagai tuan rumah Pra Rapat (Raker) Komhindo untuk periode tahun 2021-2023 secara Online, pada Kamis (05/08 /2021).

Ketua Panitia Pelaksana Pra Raker KOMHINDO USK Banda Aceh, Dr. Ir. Dahlan, S.Hut., M.Si., IPU, yang juga merupakan Ketua Jurusan Biologi FMIPA USK, menyebutkan bahwa peserta yang diundang pada acara pra raker KOMHINDO, dari Dewan penjaga, Dewan Pengarah, Pengurus Harian dan Koordinator Lembaga sebanyak 94 peserta .

Dahlan juga menambahkan bahwa, pembukaan acara pra raker USK Banda Aceh, dibuka secara resmi oleh Prof. Rahmawaty, S.Hut., M.Si. Ph.D., IPU (Guru Besar di Fakultas Kehutanan USU), beliau juga pernah menjadi Ketua Komhindo Periode 2019-2021.

Peseerta Pra Raker KOMHINDO USK Banda Aceh tahun 2021

Sekretaris Panitia Pelaksana Ir. Subhan, S.Hut., M.Si., IPU, saat ini sebagai Sekretaris Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian USK mengatakan bahwa tema yang diangkat pada acara ini adalah “Melalui Pra Raker Kita Wujudkan Rancangan Program Kerja Komhindo yang Solutif Menuju Raker Komhindo yang Adaptif dan Produktif”.

Dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya Ketua Komhindo Periode 2021-2023 (Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si), beliau merupakan Dekan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO).

“Pentingnya organisasi profesi ini dalam mewujudkan profesionalime dan pra raker ini adalah langkah awal identifikasi permasalahan-permasalahan organisasi,” Imbuhnya.

Selain itu, pemeteri pada kegiatan pra Raker KOMHINDO, juga dihadiri langsung oleh Dr. Ir. Soni Trison, S.Hut., M.Si., IPU (Dosen Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University) dengan jabatan di KOMHINDO memiliki sebagai wakil ketua.

Dr, Soni Trison menjelaskan hal-hal yang perlu dijalankan kedepan untuk masing-masing bidang organisasi meliputi bidang organisasi dan keanggotaan, bidang penelitian/pengabdian/publikasi, dan bidang advokasi dan kerja sama.

Sambutan sekaligus penutup acara Pra Raker KOMHINDO USK Banda Aceh tahun 2021, disampaikan Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc sebagai Dekan Fakultas Pertanian USK.

Dalam sambutannya Prof, Samadi menyampaikan, setelah acara pra raker ini, kedepan akan dilaksanakan acara raker yang akan menjadi tuan rumah adalah Universitas Pattimura (UNPATTI) dalam waktu dekat dengan melibatkan lebih dari 300 peserta.

Sementara itu, Dahlan sebagai Ketua Panitia Pelaksana mengucapkan terima kasih kepada Rektor USK, Ketua KOMHINDO beserta pengurus, Dekan Fakultas Pertanian USK, Ketua Jurusan Kehutanan (FP USK), panitia dan semua pihak yang telah mengsukseskan acara ini. Demikian terangnya. (*)

Bagikan:

Tinggalkan Komentar